Analisa Pemasangan Groin di Pantai Sangsit Bali

Widjaja, Benny Candra (1997) Analisa Pemasangan Groin di Pantai Sangsit Bali. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4392100017-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4392100017-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pantai Sangsit adalah salah satu pantai yang terletak di pulau Bali. Di lokasi ini, pariwisata belum berkembang sebagaimana Kuta, Sanur, atau Nusa Dua misalnya.
Namun pada pantai ini perlu dilakukan pengamanan pantai ben1pa pembuatan bangunan pelindung pantai, karena dari pengamatan yang dilakukan, terlihat bahwa tingkat erosi yang terjadi cukup membahayakan. Erosi pada pantai Sangsit ini disebabkan ketidakseimbangan antara sedimen yang hanyut dengan sedimen yang terendapkan. Hal ini terjadi akibat adanya longshore transport yang terus-menerus mengikis material pantai hingga menyebabkan perubahan pada garis pantai dari tahun ke tahun makin besar. Analisa data yang meliputi data pasang surut, an1s, angin dan gelombang untuk mengetahui kondisi pantai Sangsit. Dari analisa refraksi dan pendangkalan gelombang dapat diketahui karakteristik dari gelombang pecah. Untuk perhitungan perubahan garis pantai menggunakan metode Komar dengan membagi pantai menjadi 90 pias. Dari perhitungan pen1bahan garis pantai, terlihat bahwa erosi yang terjadi terutama disebabkan oleh longshore transport sebagai akibat arus /aut dari gelombang pecah. Untuk menaggulangi erosi yang terjadi , maka dilakukan pemi/ihan atas bangunan pelindung yang ada (breakwater, groin, sand nourishment, seawall, dan reboisasi). Dari pertimbangan dan perhitungan yang dilakukan dipilih groin tumpukkan batu dengan panjang 55 meter dan jarak antar groin 180 meter, dipasng secara tegak lurus garis pantai. Dengan pemasangan groin ini, diharapkan mampu melindungi pantai Sangsit dari erosi akibat longshore transport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.58 Wid a
Uncontrolled Keywords: groin, erosi, longshore transport, pantai Sangsit Bali
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 13 Jul 2018 08:04
Last Modified: 13 Jul 2018 08:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52147

Actions (login required)

View Item View Item