Pengembangan Piranti Lunak Analisa Keandalan Kekuatan Struktur Monopod

Abadi, Hobby Ria (2000) Pengembangan Piranti Lunak Analisa Keandalan Kekuatan Struktur Monopod. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100039-Undergraduated Thesis.pdf]
Preview
Text
4394100039-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kenadalan struktur monopod. Tinjauan moda kegagalannya adalah kekuatan terhadap beban kombinasi, yakni gabungan beban aksial dan beban momen bending. Persamaan moda kegagalannya adalah bahwa perbandingan antara tegangan aksial dengan tegangan aksial ijin ditambah dengan perbandingan antara tegangan momen bending dengan tegangan momen bending ijin harus kurang dari satu.
Perhitungan keandalan struktur monopod dilakukan untuk mendapatkan berapa besar peluang keandalannya. Metode analisa keandalan yang dipakai adalah metode Advanced First Order Second Moment (AFOSM), dan sebagai pembanding dipakai metode Simulasi Montecarlo. Analisa keandalan dengan metode AFOSM adalah proses iteresi sehingga untuk memudahkan perhitungan maka dibuat sebuah piranti lunak dengan nama RAAFOSM (Reliability Analysis with Advanced First Order Second Moment.
Dari running perangkat lunak RAAFOSM untuk kasus monopod LL-4A ARJUNA milik PT Arco diperoleh nilai keandalan yang sangat tinggi. Sedangkan apabila beban gaya aksial rata-ratanya dinaikkan maka peluang keandalannya akan turun. Demikian halnya apabila ukuran diameternya diturunkan maka peluang keandalannya juga turun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 005.1 Aba p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:44
Last Modified: 19 Jul 2018 02:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52404

Actions (login required)

View Item View Item