Desain Penggerak Motor Brushless DC Four Switch dengan Pengaturan Kecepatan Skalar

Maharani, Tyas Sarnaning (2018) Desain Penggerak Motor Brushless DC Four Switch dengan Pengaturan Kecepatan Skalar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000038-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000038-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motor BLDC banyak diaplikasikan di industri-industri karena selain efisiensi dan keandalannya yang tinggi, motor BLDC juga memiliki konstruksi sederhana dan pemeliharaan yang mudah. Selain itu, motor BLDC juga diaplikasikan pada kendaraan listrik dan kendaraan hybrid dalam rangka penghematan bahan bakar dan pelestarian lingkungan, salah satunya adalah motor listrik GESITS. Karena motor BLDC sebagai motor listrik mulai banyak diaplikasikan, maka perlu dilakukannya pengaturan kecepatan agar dapat menghasilkan performa yang diinginkan.
Pada tugas akhir ini, akan dibahas tentang salah satu metode pengaturan kecepatan yaitu metode skalar dan pengurangan jumlah sakelar pada VSI. Kontrol kecepatan skalar untuk motor BLDC dengan FSTPI memiliki kekurangan yaitu membutuhkan sumber tegangan lebih besar daripada motor BLDC dengan SSTPI untuk mencapai kecepatan yang sama. Dengan nilai catu daya yang sama, motor BLDC dengan FSTPI hanya bisa mencapai 52,89% kecepatan motor BLDC dengan SSTPI pada kondisi beban penuh. Kontrol kecepatan skalar dengan FSTPI tidak cocok untuk motor dengan daya yang besar karena membutuhkan kapasitor yang besar pula. ============== BLDC motors are widely applied in industries because of their high efficiency and reliability and also have simple construction and easy maintenance. In addition, BLDC motors are also applied to electric vehicles and hybrid vehicles in order to save fuel and environmental conservation, one of it is the GESITS motor. Because the BLDC motor as an electric vehicle starts to be applied, it is necessary to control its speed in order to produce the desired performance.
In this final project, we will discuss about one of the speed control method that is scalar method and switch reduction on VSI. The scalar speed control for the BLDC motor with FSTPI has the disadvantage of requiring a larger voltage source than the BLDC motor with SSTPI to achieve the same speed. With the same power supply, BLDC motor with FSTPI can only achieve 52.89% speed of BLDC motor with SSTPI at full load condition. Scalar speed control with FSTPI is not suitable for motors with high power motor because it requires a large capacitor as well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: four switch three phase inverter (FSTPI), kendaraan listrik, kontrol kecepatan skalar, motor brushless DC, four switch three phase inverter (FSTPI), electric vehicle, scalar speed control, brushless DC motor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electric current converters, Electric inverters.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL448 Electric motorcycles
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tyas Sarnaning Maharani
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:09
Last Modified: 09 Mar 2021 06:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52433

Actions (login required)

View Item View Item