Rancang Bangun Perangkat Lunak Berbasis Peta untuk Manajemen Fasilitas Jaringan Listrik

Marlinata, Evelyn (1997) Rancang Bangun Perangkat Lunak Berbasis Peta untuk Manajemen Fasilitas Jaringan Listrik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2691100019-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2691100019-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pengawasan dan pengendalian listrik pada proses ditribusi listrik umumnya dilakukan dengan menggunakan single line diagram (SLD), yaitu sistem pemetaan jaringan listrik dengan menggambarkan hubungan piranti-piranti pendukungnya dengan garis tunggal. Melalui SLD jaringan listrik dapat dilakukan dengan proses pengawasan (melaui komponen yang tidak berfungsi) dan proses pengendalian (pemadaman arus listrik). Pada saat pebcarian sebuah lokasi atau komponen timbul masalah karena pada SLD, posisi piranti-piranti pendukung jaringan listrik tidak sama dengan kondisi sesungguhnya.
Dalam tugas akhir ini dibuat peta fasilitas jarimgan listrik yang digabung dengan peta planimetris, yaitu penggambaran jaringan listrik di atas peta dasar yang meliputi jalan-jalan serta tempat-tempat tertentu, dimana informasi dari lokasi yang dikehendaki dapat langsung diperoleh pada peta tersebut. Selain itu untuk mempermudah proses pengawasan dan pengontrolan distribusi listrik, peta jaringan listrik diintegrasikan dengan peta LSD, sehingga lokasi suatu komponen diketahui posisinya pada SLS secara otomatis.
Dari SLD yang ada dapat dilakukan penayangan maneuver pada jaringan listrik seperti pemadaman jaringan listrik, hasilnya dapat dilihat pada perbedaan warna antara kabel yang dialiri listrik dan yang tidak. Informasi dari setiap komponen juga dapat langsung diperoleh dari SLD. Selain itu dari SLD dapat juga diperoleh informasi yang lebih mendetail dari komponen tertentu, yaitu single line diagram di dalam gardu induk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Mar r
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:57
Last Modified: 20 Jul 2018 02:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52452

Actions (login required)

View Item View Item