Studi Tekanan Pada Orifice Untuk Model Konversi Energi Gelombang Laut Tipe Cavity Resonator Dengan Eksperimen

Tjahjanto, Romly Tri (1998) Studi Tekanan Pada Orifice Untuk Model Konversi Energi Gelombang Laut Tipe Cavity Resonator Dengan Eksperimen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4391100011-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4391100011-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksperimental untuk mengetahui fenomena tekanan yang terjadi pada orifice akibat pengaruh gelombang dari sistem konversu energy gelombang laut tipe cavity resonator yang dilakukan di Laboratorium Hodrodinamika FTK ITS.
Model uji cavity resonator merupakan suatu tabung silinder berdiameter 50 c, dan tinggi 60 cm yang terbuat dari pelat baja tipis dan pada bagian atasnya tertutup berbentuk kerucut dengan lubang kecil (orifice) pada ujungnya dengan diameter ± 50 mm, sedangkan bagian bawah pada kondisi terbuka. Model uji yang digunakan ini merupakan konstruksi diam (fixed) yang ditempatkan pada kondisi setengah tenggelam yang selanjutnya dikenal serangkaian vatiasi tinggi gelombang dan sarat air, sehingga mengakibatkan terjadinya osilasi dari udara yang terjebak di dalam kolom, yang pada akhirnya akan menghasilkan tekanan yang terukur pada alat pengukur tekanan.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa semakin besar tinggi gelombang untuk masing-masing kondisi sarat air, tekanan yang terjadi mengalami kondisi yang cenderung naik dan menunjukkan suatu peningkatan yang cukup berarti, sebaliknya untuk kondisi sarat air yang meningkat tekanan yang terjadi mengalami penurunan. Perbandingan hasil tekanan antara studi eksperimen dengan hasil secara teoritis menunjukkan tren yang hamper sama, tetapi secara kuantitatif tekanan eksperimen menunjukkan hasil yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSke 532.5 Tja s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:44
Last Modified: 23 Jul 2018 02:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52463

Actions (login required)

View Item View Item