Perencanaan Detached Breakwater Sebagai Bangunan Pengaman Pantai Sangsit, Bali

Budijanto, Arief (1997) Perencanaan Detached Breakwater Sebagai Bangunan Pengaman Pantai Sangsit, Bali. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4391100017-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4391100017-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Untuk mengurangi energi gelombang dan intensitas arus belajar pantai akibat induksi gelombang, perlu suatu bangunan pemecah gelombang yang sering disebut breakwater. Dengan adanya bangunan pemecah gelombang ini diharapkan perilaku arus sejajar pantai akibat induksi gelombang dapat dikendalikan sehingga laju angkutan sedimen dapat berkurang. Breakwater efektif untuk kondisi gelombang dating tegak lurus terhadap arah memanjang konstruksi. Di samping itu, breakwater cukup efektif untuk menahan pada lokasi yang ditinjau yaitu Pantai Sangsit, kabupaten Dati II Buleleng, Bali.
Dari perhitungan yang akan dilakukan pada Tugas Akhir ini akan didapatkan spesifikasi Detached Breakwater yang direncanakan. Analisa-analisa yang dilakukan meliputi analisa pasang surut, analisa hidrologi dan transportasi sedimen serta perhitungan biaya pembangunan detached breakwater tersebut. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan data-data dari kasus yang sudah ada agar dapat dilakukan perbandingan terhadap hasil perhitungan ini.
Hasil akhir dari perhitunga-perhitungan yang telah dilakukan tersebut berupa dimensi geometris struktur breakwater, respon pantai yang terjadi setelah dibangunnya struktur detached breakwater tersebut, dan kondisi gelombang stelah melewati struktur detached breakwater serta besarnya biaya untuk kebutuhan material terpilih yang digunakan dalam pembangunan detached breakwater tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSke 627.24 Bud p
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:43
Last Modified: 23 Jul 2018 07:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52525

Actions (login required)

View Item View Item