Pengaruh Variasi Arus Dan Travel Speed Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan CuNi 90/10 Dengan Metode TIG

Nurdiansyah, Wahyu Hidayat (2018) Pengaruh Variasi Arus Dan Travel Speed Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan CuNi 90/10 Dengan Metode TIG. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511440000101_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02511440000101_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Paduan Tembaga-Nikel terutama CuNi 90/10 sering digunakan untuk kebutuhan pipa kapal selam karena memiliki sifat mekanik dan ketahanan korosi yang baik. Paduan ini paling cocok disambung dengan metode pengelasan TIG. Namun sering terjadi masalah pada pengelasan TIG diantaranya adalah cracking dan porositas akibat pengaturan parameter pengelasan yang kuran tepat. Penelitian ini dilakukan dengan mengelas CuNi 90/10 ukuran diameter 101.6 dan panjang 50mm dengan metode TIG dengan parameter arus 100A, 110A dan 120A serta dengan travel speed 7.5cm/min, 10cm/min dan 12.5cm/min. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian makro, uji komposisi, Uji XRD, Uji metalografi dan uji hardness dengan microvickers. Dari hasil penelitian didapatan fasa yang terbentuk setelah pengelasan adalah αCuNi. Struktur mikro yang terbentuk adalah dendritik pada weld metal dan polikristalin pada base metal. Sedangkan dari hasil kekerasan meningkat dengan bertambahnya arus dan travel speed dimana nilai kekerasan paling tinggi pada variasi arus 120A dan travel speed 12.5cm/min dengan nilai kekerasan 124.93 HV.
=============================================================================================================
Copper-Nickel Alloys especially CuNi 90/10 are often used for submarines pipe because they are have good mechanical properties and corrosion resistance. This alloy is most suitable to be joint with TIG welding. However, there is some problem that will happen due to propper welding parameter settings such as cracking and porosity .This research was conducted with 101.6mm diameter and 50 mm length of CuNi 90/10 with TIG welding method. The variation of the parameters is 100A, 110A and 120A current and 7.5cm/min, 10cm/min and 12.5 cm/min of travel speed. The test were macro test, composition test, XRD test, metallographic test and hardness test by microvickers test. From the result of the research, the phase that formed after welding is αCuNi. The microstructure formed was dendritic on weld metal and polycrystaline on base metal. While the result of hardness increase with increasing of current and travel speed. The highest hardness value at variation of current 120A and travel speed 12.5cm/min with hardness value 124 .94 HV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 671.32 Nur n-1 3100018075930
Uncontrolled Keywords: CuNi 90/10, TIG, Arus, Travel Speed
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wahyu Hidayat Nurdiansyah
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:52
Last Modified: 08 Oct 2020 06:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52913

Actions (login required)

View Item View Item