Pengaruh Kecepatan Putar Dan Perbandingan Luasan Terhadap Karekteristik Korosi Galvanic Coupling Baja AISI 1045 & Tembaga Pada Lingkungan 3,5% NaCl Dengan Metode Rotating Cylinder Electrode (RCE)

Zakawali, Ahmad Wildan (2018) Pengaruh Kecepatan Putar Dan Perbandingan Luasan Terhadap Karekteristik Korosi Galvanic Coupling Baja AISI 1045 & Tembaga Pada Lingkungan 3,5% NaCl Dengan Metode Rotating Cylinder Electrode (RCE). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511440000017-Undergraduate Theses.pdf]
Preview
Text
02511440000017-Undergraduate Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Korosi galvanic coupling terjadi karena adanya kontak langsung pada sambungan dua logam yang berbeda dan kedua permukaan logam terekspos dengan lingkungan. Dalam penelitian ini dibahas variasi kecepatan putar dan rasio luasan baja AISI 1045 dan tembaga terhadap karakteristik korosi galvanic coupling dengan metode Rotating Cylinder Electrode (RCE) variasi kecepatan putar 0, 150, 250 RPM dan perbandingan rasio luasan baja dan tembaga 1:1, 1:4, dan 4:1. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh variasi kecepatan putar dan luasan terhadap karakteristik dan morfologi logam yang terkorosi dalam perendaman di media korosi 3,5 % NaCl. Pengujian yang telah dilakukan adalah Weight loss, Foto Makro, Mikroskop Optik, dan Uji XRD. Dari hasil weight loss di media 3,5% NaCl laju korosi tertinggi diperoleh pada kecepatan putar 250 RPM dengan perbandingan rasio luasan 1:4 yaitu sebesar 2,679 mm/yr. Laju korosi terendah diperoleh pada saat 0 RPM dengan perbandingan rasio luasan 4:1 yaitu sebesar 0,018 mm/yr. Dari gambar makro diketahui produk korosi terbentuk didekat sambungan antara baja dan tembaga. Dari hasil uji XRD produk korosi galvanic coupling yang dihasilkan adalah senyawa Fe2O3 dan FeCl3. Laju korosi galvanic coupling baja AISI 1045 mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan kecepatan putar dan penurunan luasan baja AISI 1045 terhadap Tembaga, namun laju korosi lebih dominan dipengaruhi oleh kecepatan putar. Pada rasio luasan 1:1 pola korosi cenderung memenuhi 1/3 bagian baja, pada rasio 1:4 tidak terlihat pola korosinya akibat korosi merata pada permukaan, pada 4:1 cenderung memanjang pola korosinya, dan semua pola diawali dari sambungan baja dengan tembaga. ================ Galvanic coupling corrosion occurs because of metallic contact of two different metals and exposed directly to the environment. This study is discuss about variation of rotation velocity and area ratio AISI 1045 carbon steel and cooper on galvanic coupling corrosion characteristic using rotating cylinder
electrode (RCE) with variation 0, 150, 250 RPM rotation velocity
and area ratio steel and cooper 1:1, 1:4, 4:1. The purpose of this
study is to analyze variation of rotation velocity and area ratio on
galvanic coupling corrosion characteristic and morphology in
3.5% NaCl solution. From weight loss in 3.5% NaCl media, the
highest corrosion rate was obtained on sample with 250 RPM and
area ratio of 1:4 which was 2,679 mm/year. the lowest corrosion
rate was obtained on sample with 0 RPM and area ratio of 4:1
which was 0,018 mm/year. From optical microscope, there are
different pattern of corrosion, and all of the pattern is starting from
the connection with copper. From XRD testing, galvanic coupling
corrosion product shows Fe2O3 dan FeCl3. Characteristic of
galvanic coupling corrosion was affected by area ratio. Galvanic
coupling corrosion rate of AISI 1045 steel has increased in line
with the increase of rotation velocity and decrease of AISI 1045 steel area to Copper. Corrosion rate is more dominant influenced
by rotation velocity. In 1:1 area ratio had pattern on 1/3 of the steel
surface. At 1:4 ratio had full pattern on the surface. At 4:1 ratio
had a longitudinal pattern on the steel surface.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 620.112 23 Zak p
Uncontrolled Keywords: AISI 1045, Galvanic Coupling, Kecepatan Putaran, Perbandingan Luasan, Tembaga, Galvanic Coupling, AISI 1045, Cooper, Rotation Velocity, Area ratio
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zakawali Ahmad Wildan
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:03
Last Modified: 22 Apr 2021 04:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53021

Actions (login required)

View Item View Item