Studi Numerik dan Eksperimen Olah Gerak dan Dinamika Tegangan Sistem Tambat Taut SPAR Helical Strakes dengan Variasi Sudut Mooring Line Pada Satu Ketinggian Fairlead

Riandyka, Moch Agus (2018) Studi Numerik dan Eksperimen Olah Gerak dan Dinamika Tegangan Sistem Tambat Taut SPAR Helical Strakes dengan Variasi Sudut Mooring Line Pada Satu Ketinggian Fairlead. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311440000126-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04311440000126-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

SPAR merupakan salah satu compliant floating structure yang digunakan untuk menjadi fasilitas pengeboran, produksi, pemrosesan, maupun penyimpanan pada perairan dalam. Saat beroperasi SPAR akan menerima beban lingkungan yang mengakibatkan perubahan respon struktur SPAR dan akhirnya berdampak pada proses operasi dari SPAR. Untuk mengurangi respon struktur yang diakibatkan oleh beban lingkungan terutama gelombang digunakan sistem tambat (mooring system) pada struktur SPAR. Dalam penelitian ini dilakukan studi numerik dan eksperimen untuk respon gerakan struktur (heave, pitch dan surge) dan dinamika tegangan tali dengan variasi sudut mooring line (20o, 25o dan 30o) pada satu ketinggihan fairlead. Gelombang yang digunakan adalah gelombang reguler dengan arah gelombang 0o. Pada akhirnya akan diperoleh sudut sistem tambat manakah yang optimal jika ditinjau dari respon struktur dan tegangan tali tambat.
Penambahan Helical Strakes pada SPAR menunjukkan respon gerakan heave dan pitch yang lebih kecil dibandingkan SPAR tanpa Helical Strakes, serta respon gerakan surge yang lebih besar dari tanpa Helical Strakes. Uji eksperimen kondisi tertambat terjadi resonansi pada periode 2.6 detik untuk gerakan pitch dan surge. Hasil analisa variasi sudut mooring line 20o, 25o, dan 30o menunjukkan, maksimum RAO pitch dan tegangan tali terjadi pada sudut mooring line 20o sebesar 5.684 θ/m dan 339.193 ton/m.

==========================================================================================================

SPAR is one of the compliant floating structures that is typically used as drilling, production, processing, and storage facilities in deep water. SPAR receives environmental loads of wind, current and wave. Those loads can cause disruption of SPAR operation process. To reduce the structural response caused by environmental loads, mooring system must be applied to the SPAR structure. In this research, experiments and numerical study have been performed for structural motion response (heave, pitch and surge) with variation of mooring line angle (20o, 25o, and 30o) at single point fairlead level. The wave type used is regular wave with the direction of wave 0o. So, it will be obtained the optimal angle of the mooring system based on result of the structure response and mooring tension.
The additional of Helical Strakes caused lower response of heave and pitch, also higher response of surge. The experimental test in the tied condition resonance occurs in the period of 2.6 seconds for pitch and surge motion. In variation of mooring line angle, the result shows maximum RAO pitch and tension occurred at mooring line angle of 20O are 5.684 deg/m and 339.193 ton/m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.32 Ria s-1 2018 3100018078701
Uncontrolled Keywords: SPAR, sistem mooring, RAO gerak and tegangan tali, sudut mooring line
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Riandyka Moch Agus
Date Deposited: 22 Jan 2019 02:47
Last Modified: 13 Nov 2020 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53701

Actions (login required)

View Item View Item