Paparan Gas Nitrogen Dioksida (NO2) dan Karbon Monoksida (CO) di Trotoar Beberapa Jalan Kota Surabaya

Dewi, Brianita Nafisa (2018) Paparan Gas Nitrogen Dioksida (NO2) dan Karbon Monoksida (CO) di Trotoar Beberapa Jalan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211440000042-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03211440000042-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Polusi udara yang terjadi di kota besar kebanyakan berasal dari industri dan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor merupakan sumber utama nitrogen dioksida (NO2) dan karbon monoksida (CO) terutama pada kendaraan yang sudah tua. NO2 yang tinggi dapat mengganggu saluran pernafasan pada sistem pernafasan manusia. Paparan dalam jangka pendek dapat memperparah penyakit pernafasan, terutama asma, yang menyebabkan gejala pernafasan (seperti batuk dan sulit bernafas). Sementara itu, CO dapat menimbulkan keracunan bagi manusia dalam bentuk COHb (karboksihemoglobin) pada darah. CO juga dapat menyebabkan kejang yang berlanjut kepada ketidaksadaran dan kematian.
Penelitian ini menguji konsentrasi gas NO2 dan CO dengan ketersediaan tanaman dan variasi hari. Ketersediaan tanaman dilakukan dengan menyediakan tanaman sebagai penghalang yang diletakkan di dalam pot. Sementara itu, untuk variasi hari dipilih hari hari kerja (Senin-Rabu) dan akhir pekan di hari Minggu. Hasil pengujian akan mendapatkan perbandingan dengan baku mutu, pengaruh hari kerja dan akhir pekan (Minggu), serta pengaruh ketersediaan tanaman di trotoar. Level of Service (LOS), kondisi trotoar, dan ketersediaan kamera CCTV digunakan untuk menentukan lokasi penelitian. Lokasi penelitian dilakukan di ruas Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Mayor Jenderal Sungkono dan Jalan Gemblongan untuk variasi tidak ada tanaman. Kemudian dilakukan juga di ruas Jalan Diponegoro, Jalan Embong Malang dan Jalan Prof. Dr. Moestopo untuk variasi ada tanaman. Pengukuran konsentrasi gas NO2 dan CO menggunakan alat aeroqual seri 500. Dalam penelitian ini, dilakukan juga traffic counting menggunakan rekaman video CCTV dari Dinas Perhubugan Kota Surabaya. Pengambilan data dilakukan selama 15 jam (06.00-21.00 WIB) secara terus menerus dengan total waktu 180 jam pada bulan Februari-April 2018.
Hasil pengukuran dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan perbandingan dengan baku mutu udara ambien. Pada 6 titik pengambilan sampel di ruas jalan Kota Surabaya, konsentrasi tertinggi untuk parameter NO2 adalah 248,99 µg/Nm3 dan parameter CO adalah 33.519.09 µg/Nm3. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada konsentrasi yang melebihi baku mutu baik parameter NO2 maupun CO. Konsentrasi dari parameter NO2 dan CO dipengaruhi beberapa faktor yaitu variasi hari dan ketersediaan tanaman. Konsentrasi NO2 dan CO lebih besar ketika hari kerja dari pada akhir pekan (Minggu) dengan masing-masing peningkatan sebesar 0,014 µg/m3 dan 1,901 µg/m3. Pada penelitian ini, tanaman puring (Codiaeum variegatum) digunakan sebagai penghalang antara jalan dan trotoar. Berdasarkan regresi linier berganda, jalan tanpa adanya tanaman memiliki konsentrasi NO2 dan CO yang lebih tinggi dengan peningkatan sebesar 0,005 µg/m3 untuk parameter NO2 dan 0,187 µg/m3 untuk parameter CO.

==========================================================================================================

Air pollution in big cities mostly comes from industry and motor vehicles. Motor vehicles are the main source of nitrogen dioxide (NO2) and carbon monoxide (CO) pollution, especially for old type vehicles. High NO2 concentration will harm respiratory channel of human respiratory system. Short term exposure can worsen respiratory illness, especially asthma, and cause several symptoms to appear (such as cough and breathing difficulty). In addition, CO can poison human in the form of COHb (carboxihemoglobin) inside the blood circulation. CO can also cause seizure which can further cause loss of consciousness and death.
This study observed the concentration of NO2 and CO gas with plants existence and day variables. The plants were provided in pots as deterrents. Week days (Monday – Wednesday) and Sunday were chosen as the day variable. The observation result would be compared to the threshold, considering the influence of week days and week end (Sunday), as well as the existence of plants on the sidewalk. Level of Service (LOS), sidewalk condition, and CCTV existence were used to determine observation location. The observation was done in the streets of Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Mayor Jenderal Sungkono, and Jalan Gemblongan for no plant variable. It was also done in streets of Jalan Diponegoro, Jalan Embong Malang, and Jalan Prof. Dr. Moestopo for with plants variable. The measurement for NO2 and CO gas concentration used the tool of aeroqual series 500 brand. This observation also did traffic counting using CCTV from Transportation Agency. Data taking was done for 15 hours (06.00-21.00) continuously with total duration of 180 hours in February-April 2018.
Measurement result was analyzed using multiple linear regression and comparison with ambient air threshold. In 6 sample points in Surabaya City streets, the highest concentration for NO2 parameter was 248,99 µg/Nm3 and CO parameter was 33.519.09 µg/Nm3. This indicated that no parameter was exceeding the threshold. The concentration for NO2 and CO was affected by several factors, which was day variations and plant existence. NO2 and CO concentration was higher at workdays compared to weekend (Sunday) with each increase was 0,014 µg/m3 and 1,901 µg/m3 respectively. In this study, croton plant (Codiaeum variegatum) was used as deterrent between road and sidewalk. Based on multiple linear regression, the streets without plants had higher NO2 and CO concentration with 0,005 µg/m3 increase for NO2 parameter and 0,187 µg/m3 increase for CO parameter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSL 628.53 Dew p-1 3100018075955
Uncontrolled Keywords: CO, NO2, trotoar, tanaman
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Brianita Nafisa Dewi
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:49
Last Modified: 12 Nov 2020 06:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53731

Actions (login required)

View Item View Item