Perancangan tempat kursus Bahasa Inggris di Ambengan Surabaya : Perancangan apartemen dan fasilitas penunjangnya di Surabaya

Rahmasari, Kartika (2018) Perancangan tempat kursus Bahasa Inggris di Ambengan Surabaya : Perancangan apartemen dan fasilitas penunjangnya di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111770010022-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111770010022-Master_Thesis.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi manusia. Fasilitas untuk menunjang pendidikan sangat diminati oleh masyarakat. Salah satunya adalah kursus bahasa inggris. Dalam merancang sebuah kursus bahasa inggris banyak aspek yang harus diperhatikan agar proses dalam pengajaran berjalan dengan baik. Aspek seperti bising, visual dan sirkulasi menjadi titik utama dalam perancangan ruang kelas yang terdapat dalam sebuah bangunan kursus bahasa inggris. Selain itu, karena bangunan ini bersifat komersial maka tempat dari kursus harus diperhatikan. Oleh karena itu Jl. Ambengan yang merupakan area pendidikan Surabaya merupakan tempat yang dipilih untuk perancangan bangunan ini.
Kata kunci : Perancangan, Kursus bahasa, detail desain
====================================================
Education is something that is important to humans. Facilities to support education is in great demand by the public. One of them is an english course. In designing an English course there are many aspects to be taken in order to make the teaching process work well. Aspects such as noise, visual and circulation become the main point in the design of classrooms that contained in an English course building. In addition, since these buildings are commercial, the place of the course should be considered. Therefore Jl. Ambengan which is an educational area of Surabaya is chosen as the place for this building.
====================================================
Apartemen merupakan salah satu solusi dari kurangnya lahan untuk tempat tinggal manusia. Keberadaan apartemen yang merupakan rumah bagi mereka yang tinggal di dalamnya menyebabkan dibutuhkannya fasilitas penunjang untuk penghuninya. Oleh karena itu dibutuhkan desain untuk dapat mengintegrasikan keseluruhan program ruang yang ada. Desain yang sebelumnya sudah dirancang oleh konsultan Archimetric merupakan sebuah gabungan dari 2 massa yang disusun dengan menambahkan podium. Dalam perancangan sebuah apartemen haruslah mengedepankan aspek kenyamanan dan keamanan dari penghuni. Selain itu, konsep arsitektur hijau diterapkan dalam desain dari apartemen ini.
Kata Kunci : Apartemen, perancangan, arsitektur hijau
====================================================
Apartments are one of the solutions of the lack of land for human habitation. The existence of an apartment that is home to those who live in it causes the need for supporting facilities for its inhabitants. Therefore the design should be able to integrate the whole program spaces. The design previously designed by the Archimetric consultants which is a composite of 2 masses and a podium. In designing the apartment, the designer must prioritize the comfort and safety of the residents. In addition, the concept of green architecture is applied in the design of this apartment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Detail Desain, Apartemen
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Depositing User: kartika rahmasari
Date Deposited: 07 Dec 2020 22:59
Last Modified: 07 Dec 2020 22:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53815

Actions (login required)

View Item View Item