Pengembangan Aplikasi Registrasi Pasien Rawat Jalan Online untuk Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Berbasis Android

Heryantara, Arif Pradana (2018) Pengembangan Aplikasi Registrasi Pasien Rawat Jalan Online untuk Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Berbasis Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211140000115-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211140000115-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil adalah rumah sakit umum terbesar di Kabupaten Pasuruan. Pengunjung RSUD Bangil berasal dari berbagai macam kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Proses registrasi pasien rawat jalan di RSUD Bangil saat ini telah dilakukan secara komputerisasi. Ketika akan melakukan registrasi, para pasien mengantri di lobi registrasi sesuai dengan jenis asuransi. Setelah melakukan registrasi, pasien menuju poli. Dalam sehari, jumlah pasien rawat jalan bisa mencapai sekitar 400-500 orang per hari. Akibat jumlah pasien per hari yang begitu banyak, antrian bisa menjadi sangat panjang, terutama di pagi hari, dan membutuhkan waktu hingga pukul 11.00 (jam buka: 07.00) untuk menyelesaikan antrian di lobi registrasi rawat jalan. Dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengurangi lama waktu antrian di loket-loket pendaftaran pasien rawat jalan. Metodologi pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metodologi waterfall.
Pengembangan aplikasi untuk aplikasi pendaftaran pasien rawat jalan menggunakan bahasa pemrograman java. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang bisa dipasangkan pada device android. Untuk memverifikasi data pasien, dibutuhkan sebuah aplikasi monitoring yang dapat diakses di browser. Aplikasi monitoring pendaftaran dikembangkan dengan Bahasa pemrograman PHP dan dengan pola MVC. Database yang digunakan adalah database MySQL. Untuk menghubungkan aplikasi pendaftaran pasien dengan database yang ada di MySQL, dikembangkan sebuah API dengan Bahasa pemrograman PHP. API aplikasi dikembangkan dengan arsitektur REST.
========================================================================================================
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil is the biggest hospital in Pasuruan Regency. RSUD Bangil’s visitors comes from various districts in Pasuruan Regency. Nowadays, outpatient registration process in RSUD Bangil has been computerized. When some patients want to register, they will wait in registration lobby according to the insurance type. Having done registration, they will go to the poly. In a day, the number of outpatients can reach 400-500 people. Because of that, the queue in registration lobby will be too long, especially in the morning, and it is often finished until 11 A.M. (opening hour: 7 A.M.). Therefore, an application to decrease the time to register in registration lobby is needed. The application development’s methodology is waterfall model.
The development of outpatient registration application uses java programming language. The application can be installed in an android device. To verify patient data, an application to monitor is needed. That application is installed in browser. That monitoring application is developed with PHP programming language and MVC pattern. The database is MySQL database. An API is needed to link registration application and the database. The API is developed with PHP programming language and REST architecture.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 006.76 Her p-1 3100018075992
Uncontrolled Keywords: Android, Java, PHP, Registrasi Pasien, Waterfall, Patient Registration
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arif Pradana Heryantara
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:55
Last Modified: 25 Nov 2020 04:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54070

Actions (login required)

View Item View Item