Optimisasi Ukuran Utama Kapal Roll On - Roll Off (Ro-Ro) Menggunakan Software Visual Basic dan Maxsurf

Fauzi, Rahardian Ahmad (2018) Optimisasi Ukuran Utama Kapal Roll On - Roll Off (Ro-Ro) Menggunakan Software Visual Basic dan Maxsurf. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4114100048-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4114100048-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kapal ferry Ro-Ro adalah moda transportasi yang paling banyak digunakan untuk menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Di Indonesia intensitas bencana karena faktor alam relatif tinggi, sehingga banyak kapal ferry Ro-Ro yang mengalami kecelakaan. Selain karena faktor alam kecelakaan kapal ini juga terjadi akibat karakteristik kapal yang kurang sesuai untuk kondisi alam daerah tersebut. Oleh sebab itu, penggunaan metode optimasi sangat tepat untuk menyelesaikan persoalan ini dengan menghasilkan desain kapal baru yang memiliki karakteristik teknis yang lebih sesuai dengan kondisi perairan di rute pelayaran tersebut. Salah satu rute pelayaran yang sering terjadi kecelakaan adalah rute Pelabuhan Bajoe – Pelabuhan Kolaka. Metode optimasi yang digunakan adalah global optimization dengan menggunakan artificial neural network. Optimasi dilakukan dengan menggunakan software visual basic dan maxsurf dengan studi kasus kapal ferry (Ro-Ro) rute Pelabuhan Bajoe – Pelabuhan Kolaka. Dari hasil optimisasi yang dilakukan dengan 1-10 nilai train, didapatkan ukuran utama yang memenuhi batasan optimisasi dan ukuran utama yang paling optimum adalah Lpp : 56,258 m, B : 12,88 m H : 4,046 m dan T : 2,592 m dan fungsi objektif yaitu meminimumkan biaya pembangunan kapal dengan nilai $ 8.523.954,64. Perbandingan estimasi biaya pembangunan kapal existing dan estimasi biaya pembangunan hasil optimasi adalah 10,58 % dengan selisih biaya pembangunan sebesar $ 1.008.473,03. Sehingga hasil optimasi tersebut menghasilkan fungsi objektif yang lebih optimum.
================================================================================================================================
Ferry Ro-Ro ship is the most used public transportation to connect islands of Indonesia. Indonesia natural disaster relatively high, many of Ferry Ro-Ro ship have an accident. In addition to natural causes of ship accident factors also occur due to ship characteristics that are less appropriate for the natural conditions of the area. Therefore, the use of optimization methods is very appropriate to solve this problem by producing a new ship design that has technical characteristics that are more suitable to the conditions of the waters on the shipping route. One of the most frequent cruise shipping routes is the route of Bajoe Port - Kolaka Port. The optimization method used is a global optimization, using artificial neural network optimization. The software used to optimization is visual basic and maxsurf. From the result of global optimization with 1-10 train number, obtained main size combinations that meet the limits of optimization and the optimum of main size is Lpp : 56.258 m, B : 12.88 m H : 4.046 m dan T : 2.592 m and the objective function is to minimize the cost of ship building with the value is $ 8.523.954,64. The comparison of estimate of existing ship building cost and estimated cost of optimization result is 10.58 % with different of building cost is $ 1.008.473,03. So optimization result produce more optimum objective functions.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ferry Ro-Ro, Global Optimization, visual basic for application, maxsurf
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rahardian Ahmad Fauzi
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:31
Last Modified: 22 Jul 2024 03:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54074

Actions (login required)

View Item View Item