Megantara, Gilang (2018) Strategi Pemilihan Layanan Pemeliharaan Mobil Dengan Pendekatan Product Service System (PSS) dan Quality Function Deployment (QFD). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
Buku Thesis lengkap.pdf - Accepted Version Download (14MB) | Preview |
Abstract
Bundling produk merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan dengan menjual dua atau lebih produknya dalam satu kemasan dan satu harga. Bundling telah menjadi strategi yang efektif dan menguntungkan. Namun bundling harus tetap memenuhi kebutuhan dari konsumen itu sendiri. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk membuat sebuah layanan yang diinginkan dengan menggabungkan layanan dan produk yang tersedia menjadi sebuah bundling / paket-paket layanan dengan metode Product Service System (PSS) dan Quality Function Deployment (QFD) untuk dapat memenuhi keinginan konsumen. Hasil dari 10 faktor pembelian yaitu biaya, kualitas, varian, inovasi, perawatan ekstra, praktis dan efisien, citra brand, berhadiah, promosi / potongan harga, dan tren, dari 35 responden memiliki tingkat kepentingan sebesar biaya (3.94), kualitas (3.88), varian (3.17), inovasi (3.11), perawatan ekstra (2.62), praktis dan efisien (3.34), citra brand (2.22), berhadiah (3), promosi / potongan harga (3.65), dan tren (1.8). Dari voice of customer atau keinginan konsumen tersebut dibuat beberapa bundling PSS untuk dapat memenuhi keinginan konsumen. Diantaranya fix murmer, fix pasti asli, fix canggih, fix tahun baruan, fix santai, fix ketolong, fix nyaman, fix bersih, fix LCGC, fix sejuk, fix total, fix aman, fix radiator. Dari hasil pembobotan didapatkan 10 bundling PSS yang akan diuji keterkaitan dengan pemenuhan keinginan konsumen dengan melihat relasi antara keinginan konsumen dan bundling PSS yang ditawarkan oleh perusahaan dengan metode QFD. Dari hasil pengolahan dan penelitian didapatkan hasil yaitu fix murmer (11.7%), fix pasti asli (14.1%), fix canggih (7.4%), fix tahun baruan (9.4%), fix santai (10.8%), fix ketolong (4.7%), fix nyaman (11.2%), fix bersih (9.9%), fix LCGC (14.8%), dan fix total (6.1%). Kesimpulan bahwa fix lcgc menjadi pilihan untuk diusulkan sebagai bundling PSS yang dapat memenuhi keinginan konsumen yaitu dengan nilai 14.8% dari seluruh bundling PSS yang diujikan.
=========================================================
=======================================
Product bundling is a strategy by selling two or more products in one package and one price. Bundling has become an effective and profitable strategy. But bundling must still meet the needs of consumers themselves. In this study, the researcher attempted to create a desired service by combining available services and products into a bundling / service pack with the Product Service System (PSS) and Quality Function Deployment (QFD) method to fullfil the consumer's wishes. The 10 factors of purchase are cost, quality, variance, innovation, extra care, practical and efficient, brand image, prizes, promotions / discounts, and trends, from 35 respondents have interest rate at cost (3.94), quality (3.88) , 3.23), practical and efficient (3.34), brand image (2.22), prizes (3), promotions / discounts (3.65), and trends (1.8). From the voice of customer or consumer desire then made some bundling PSS to be able to meet consumer desires. Among fix murmer, fix pasti asli, fix canggih, fix tahun baruan, fix santai, fix ketolong, fix nyaman, fix bersih, fix LCGC, fix sejuk, fix total, fix aman, fix radiator. From the weighting results obtained 10 bundling PSS to be tested in relation to the fulfillment consumers needed by looking at the relationship between consumer desires and bundling PSS offered by the company with the QFD method. From the results of processing and research, the results are fix murmer (11.7%), fix pasti asli (14.1%), fix canggih (7.4%), fix tahun baruan (9.4%), fix santai (10.8%), fix ketolong (4.7%), fix nyaman (11.2%), fix bersih (9.9%), fix LCGC (14.8%), dan fix total (6.1%). The conclusion that PSS bundling Fix LCGC becomes an option to be proposed as a bundling of PSS that can satisfy the consumer's desire with a value of 14.8% of all PSS bundling tested.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PSS, QFD, Product service system, Quality function deployment |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS173 Reliability of industrial products |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | GILANG MEGANTARA |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 09:31 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 09:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/54615 |
Actions (login required)
View Item |