Synomorphy: Pasar Tradisional Puri Pati sebagai Ruang Pembentuk Karakter Kota

Ibrahim, Rizky Maulana (2018) Synomorphy: Pasar Tradisional Puri Pati sebagai Ruang Pembentuk Karakter Kota. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000032-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08111440000032-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya manusia sebagai mahluk sosial karena adanya kebutuhan sosial untuk berinteraksi dengan sesamanya. Ini berguna bagi pembentukan karakter manusia mulai dari berperilaku maupun berpikir (Hartomo, 2000:77). Pembentukan karakter ini bila dilihat secara makro berpengaruh dalam pembentukan budaya bermasyarakat baik lingkup kecil desa-kota ataupun lingkup teritorial yang lebih luas (Paul D. Spreiregen, 1965). Tentunya hal ini membutuhkan ruang (millieu) yang mendukung dalam mengakomodir pola-pola pembentuk interaksi antar manusia, karena skala ruang mempengaruhi pembentukan perilaku manusia sebagai penggunanya. Begitupun sebaliknya perilaku manusia mempengaruhi suasana-kondisi ruang tersebut (synomorphy). Adapun pasar tradisional dirasa paling berperan dalam pembentukan karakter kota, dimana ia adalah ruang sosial/publik terbesar dalam skala kota yang kental realisasinya akan proses interaksi. Namun seiring berkembangnya zaman terjadi perubahan tuntutan standar konsumen terhadap pasar tradisional, sehingga posisi pasar tradisional mulai tergantikan oleh pasar modern. Adapun munculnya citra buruk terhadap pasar tradisional menjadi salah satu faktor yang membuat para pembeli enggan untuk mengunjungi pasar. Sehingga eksistensi dari pasar tradisional kian waktu mulai menurun. Untuk itu objek rancangan pada Tugas Akhir ini adalah merancangulang, menemukan, dan mendefinisikan kembali konfigurasi rancangan arsitektur Pasar Tradisional. Dengan menggunakan pendekatan synomorphy diharapan dapat mengembalikan kemurnian vital makna pasar tradisional terhadap kota, melalui pembentukan pola ruang (millieu).
=======
Basically humans as social beings due to social needs to interact with each other. This is useful for the formation of the human character ranging from behave nor think (Hartomo, 2000:77). The formation of these characters when viewed in macro culture in the formation of influential social good scope of small rural-urban or broader territorial scope (Paul d. Spreiregen, 1965). Of course this requires space (millieu) that supports in-forming patterns accommodate interactions between humans. The scale of the space influences the formation of human behavior as its users, as well as the opposite of human behavior affects the mood of the room conditions (synomorphy). As for the traditional market is considered the most influential in the formation of the character of the city, where he is the largest public social space/city scale condensed its realization will process interaction. But as the development of the times changes the standard demands of consumers against traditional market, so that the position of the traditional market started being replaced by modern market. As for the appearance of bad image towards traditional markets became one of the factors that make buyers reluctant to visit the market. So the existence of the traditional markets of the time began to decline. For that object design on this final project is to design, invent, and redefine Traditional Marketplace architectural configuration. By using the synomorphy approach is expected to restore the purity of the traditional market's vital meaning to the city, through the formation of the space pattern (millieu).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: interaksi, karakter, kota, pasar tradisional, synomorphy
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizky Maulana Ibrahim
Date Deposited: 24 Jun 2021 00:55
Last Modified: 24 Jun 2021 00:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54693

Actions (login required)

View Item View Item