Rancang Bangun Aplikasi Crowdfunding untuk ITS Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Laravel

Gunawan, Aditya (2018) Rancang Bangun Aplikasi Crowdfunding untuk ITS Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Laravel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000167-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111440000167-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Crowdfunding menjadi alternatif penggalangan dana yang semakin diminati masyarakat, dengan adanya solusi ini mahasiswa tidak perlu memikirkan dana untuk berkarya. Mahasiswa dapat berkarya tanpa batas. Visi misi ITS dapat terpenuhi dengan mahasiswa yang terus berkarya untuk bangsa. Salah satu visi misi ITS ialah “menjadi perguruan tinggi dengan reputasi international dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, terutama yang menunjang industry dan kelautan yang berwawasan lingkungan”. Maka dari itu tugas akhir ini berfungsi untuk merancang aplikasi crowdfunding yang dikhususkan kepada mahasiswa ITS yang berbasis web.
Perancangan aplikasi berbasis web ini dilakukan dengan metode observasi pada mahasiswa dan lingkungan dari ITS langsung. Studi literatur tentang platform crowdfunding, pendanaan penelitian yang berada pada kampus ITS dan hubungan antara alumni dengan mahasiswa yang didapat dari berbagai jurnal dan artikel. Pengembangan aplikasi web ini menggunakan metode prototyping model. Kerangka kerja Laravel digunakan untuk dasar dari pembuatan aplikasi crowdfunding ini. Database yang digunakan adalah MySQL.
Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah untuk memecahkan masalah pendanaan penelitian mahasiswa yang ada di ITS melalui situs crowdfunding yang dikhususkan untuk mahasiswa ITS. Kelebihan dari tugas akhir ini adalah mahasiswa dapat mendapatkan dana sesuai kebutuhan sekaligus menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa dan ITS dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan adanya karya-karya mahasiswa yang akan di publish pada internet. Hasil dari pada tugas akhir ini dapat dilihat dari keberhasilan fitur-fitur yang telah dijicobakan kepada mahasiswa ITS sekaligus donatur yang berada diluar lingkungan ITS. Semua fitur yang terdapat pada aplikasi ini telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
========================================================
===============================================
Crowdfunding become an altenative for fundraising on society, with this solution college student could make something big without think about how big money will spend to their project.
Vision of the mission ITS can be fulfilled by students who always create something new for making the nation proud. The function of this research is for designing web application of crowdfunding which is devoted to ITS students.
The design of this web application is done by direct observation method to students and environment from ITS. Study the literature about crowdfunding platform, the way students get fund with their proyek and relationship between alumnus and students obatained from various journal and articles. The researcher use prototyping model for application development. The researcher use Laravel to be framework and also MySQL for the database.
The purpose of this research is for solve the problem about ITS students projects who need more fund to complete their projects through crowdfunding application devoted to ITS students.The advantages from this research are ITS students can get enough funds for their projects, also they can foster entrepreneur spirit and ITS can be known by world wide as is proyeks ITS students. The result of this research can be seen from the success of features. All features found on this application has fulfilled the success factor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.7 Gun r-1 3100018077064
Uncontrolled Keywords: ITS, Kerangka Kerja Laravel, Mahasiswa, Crowdfunding, Prototyping Model
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gunawan Aditya
Date Deposited: 16 Nov 2020 22:53
Last Modified: 27 Nov 2020 04:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55065

Actions (login required)

View Item View Item