Pengaruh Pergeseran Waktu Perjalanan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan di Koridor Jalan By Pass Ngurah Rai Jimbaran, Bali.

Lubis, Dian Khairul (2018) Pengaruh Pergeseran Waktu Perjalanan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan di Koridor Jalan By Pass Ngurah Rai Jimbaran, Bali. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440000078-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440000078-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Koridor Jalan By Pass Ngurah Rai adalah koridor utama penghubung kawasan Bali Selatan dengan wilayah Denpasar dan sekitarnya. Kemacetan yang terjadi di koridor ini sudah sangat krusial dan dapat mengganggu aktivitas perekonomian Bali Selatan. Kemacetan di Kawasan ini sendiri dipicu oleh tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang sangat tinggi oleh wisatawan maupun penduduk setempat. Dengan mayoritas penggunaan lahan adalah perdagangan dan jasa, pergerakan di koridor jalan By Pass Ngurah Rai Jimbaran memicu bangkitan yang cukup besar dari pelaku pergerakan rutin ke kawasan tersebut. Sudah ada beberapa kebijakan pemerintah untuk mengatasi kemacetan tersebut namun belum optimal dalam penerapannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pergeseran waktu perjalanan terhadap tingkat pelayanan jalan di koridor jalan By Pass Ngurah Rai Jimbaran. Dalam mencapai tujuan tersebut, dilakukan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah dengan mengidentifikasi karakteristik bangkitan-tarikan di koridor Jalan By Pass Ngurah Rai dalam pola 16 jam. Untuk mencapai hal itu dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik pelaku perjalanan, karakteristik jalan, mengidentifikasi karakteristik pergerakan pelaku perjalanan, mengidentifikasi penggunaan lahan, dan besar bangkitan yang ditimbulkan oleh setiap penggunaan lahan. Tahap berikutnya adalah mengidentifikasi alternatif-alternatif skenario TDM pergeseran waktu yang dapat diterapkan di Koridor Jalan By Pass Ngurah Rai. Tahap terakhir adalah menyimulasikan penerapan skenario TDM terhadap perubahan besar volume pergerakan dan derajat kejenuhan terhadap penggunaan lahan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan derajat kejenuhan.
Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa pelaku perjalanan didominasi oleh pelaku perjalanan dengan tujuan ke perdagangan dan jasa dengan maksud perjalanan adalah untuk bekerja. Moda kendaraan yang banyak digunakan adalah sepeda motor. Alternatif skenario TDM yang dapat diterapkan untuk koridor Jalan By Pass Ngurah Rai bervariasi untuk setiap penggunaan lahannya. Berdasarkan hasil analisis regresi, diketahui bahwa hanya penggunaan lahan fasilitas pendidikan dan perdagangan dan jasa saja yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pelayanan jalan. Setelah itu dilakukan pengestimasian besar volume setelah penerapan skenario TDM dan penyimulasian perubahan besar volume dan perubahan derajat kejenuhan akibat penerapan skenario TDM tersebut. Dari hasil simulasi tersebut, penerapan skenario TDM di kedua penggunaan lahan tersebut memberikan dampak yang bervariasi terhadap tingkat penggunaan lahan.
=========================================================================================================
The Road Corridor of ByPass Ngurah Rai is the main relational corridor between South Bali area and Denpasar City. The traffic jam happened in this corridor has been very crucial and has been disturbing South Bali’s economic activity. These traffic jams are encouraged by the high use of private vehicle by both newcomers and local citizens. By business activity as the majority of land use in the area of Ngurah Rai’s Road Corridor, the movement of this area encourages the high production from routine traveler to the area. There are several regulations made by the Government to solve the traffic jam issue, but there has been no optimal result on its implementation.
This research is purposed to discover how far the influence of shifting time of travel towards road’s level of service in Ngurah Rai By Pass’s Road Corridor. To achive the goal, there are several steps conducted in this research. The first step is to identify the characteristic of trip generator in Ngurah Rai’s Road Corridor in 16 hours-pattern. This was done by identifying the character of road’s stakeholders, road character, traveler character, the land-use character, and how big is the trip generator which has been encouraged by each land user. The next step is to identify time shift TDM alternative scenarios which could be implemented in By Pass Ngurah Rai’s Road Corridor. The last step is to simulate the implementation of TDM scenario towards the change of movement volume and degree of saturation towards the land use which have the significant influence to the degree of saturation of the road.
The analytical result shows that the road stakeholders are dominated by road stakeholders with business activity approach for work. The vehicles which are highly used are motorcycles. The alternative scenario of TDM which could be implemented for By Pass Ngurah Rai is variated for each land user. Based on regression analytical result, it is known that the significant influence for road’s service index are dominated by land-use for educations and trade and service activity. At least, there has been conducted volume estimation after the TDM scenario and the simulation of the change and volume and the change of saturation degree. From the simulation, there has been a result shows that the implementation of TDM scneario in both land uses have given the various influences for the land use index.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 388.413 12 Lub p-1 3100018077056
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Transport Demand Management, Pergeseran Waktu, Tingkat Pelayanan Jalan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.7 Estimation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dian Khairul Lubis
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:46
Last Modified: 15 Oct 2020 05:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55214

Actions (login required)

View Item View Item