Wulandari, Catharina Tiffani (2018) Perencanaan Fasilitas Pergerakan Kedatangan Penumpang di Terminal Bandara New Yogyakarta International Airport. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111645000038 - Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Bandara baru yang diberi nama New Yogyakarta International Airport terletak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Kecamatan Temon. Seiring dengan perkembangan lalu lintas, perlu diimbangi dengan fasilitas yang memadai guna memproses pergerakan penumpang menuju ruang pemrosesan selanjutnya. Oleh karena itu, disediakan fasilitas yang bertujuan untuk mempercepat proses pergerakan penumpang menuju ruang pemrosesan selanjutnya. Hal ini memungkinkan penumpang yang hendak mengambil bagasi, tiba lebih cepat di baggage claim area dari bagasi yang akan diambil. Waktu yang lebih cepat ini akan menyebabkan penumpang harus menunggu lagi. Dalam tugas akhir ini mencoba memberikan solusi masalah tersebut dengan memperhatikan proses penanganan bagasi.
Dalam tugas akhir ini didapatkan data jumlah penumpang dari PT. Angkasa Pura I (Persero) dan diolah menggunakan metode peramalan regresi linear. Selanjutnya akan dianalisis untuk menghitung kebutuhan luasan terminal. Dari hasil analisis tersebut dapat diperkirakan layout terminal penumpang di Bandara NYIA. Layout yang dihasilkan tersebut akan dapat diperkirakan apabila jarak berjalan melebihi standart jarak terjauh berjalan penumpang nantinya. Hal ini akan dibandingkan dengan standar jarak berjalan akan dipasang fasilitas travellator di terminal untuk memudahkan akses pergerakan penumpang menuju baggage claim area. Dengan diperolehnya perkiraan tersebut didapatkan waktu penumpang menunggu di baggage claim area dengan memperhatikan proses penanganan bagasi di Bandara New Yogyakarta International Airport.
Berdasarkan hasil analisis peramalan jumlah penumpang menggunakan metode Regresi Linear, diperkirakan jumlah penumpang di Bandara NYIA pada tahun 2038 yaitu 20,000,000 penumpang. Total luas terminal penumpang di Bandara New Yogyakarta International Airport untuk memenuhi demand 2038 adalah 97,000 m². Hasil analisis menunjukkan waktu penumpang menunggu di baggage claim area dengan memperhatikan proses penanganan bagasi yaitu 23,69 menit untuk domestik & 23,19 menit untuk internasional. Hasil tersebut memenuhi standar pelayanan pengguna jasa bandar udara (Permenhub No. 38/2015) yang menyatakan bahwa standar waktu menunggu penumpang mengambil bagasi di baggage claim area adalah 30 menit.
======================================================================================================
The new airport named New Yogyakarta International Airport is located in Kulonprogo Regency, exactly in Temon Sub-district. However, As the traffic develops, needs to be balanced with adequate facilities to process passenger movement to the next processing room. Therefore, facilities are provided to improve the movement of passengers to the next section. The facility make the passengers who have luggage could arrive in baggage claim area faster. But it makes the passengers have to wait longer. this final project purpose is giving the solution by paying attention the baggage handling process. In this final project the data of passengers number is obtained from PT. Angkasa Pura I (Persero) and processed using linear regression predicting method. Then it will be analyzed to calculate terminal area requirements. From the analysis, the layout of passengers terminal at NYIA could be expected. The resulting layout could be predicted if the walking distance exceeds the standard of the longest walking distance it would be compared with the standard walking distance would be Installed the travellator in the terminal to facilitate the passengers movement toward baggage claim area. From the prediction, how long passengers have to wait in baggage claim area is obtained by paying attention the baggage handling process at NYIA.
Based on the analysis of the predicting number of passengers using the linear regression method, it is estimated that the number of passengers at NYIA Airport in 2038 is 20,000,000 passengers. The total area of the passenger terminal at New Yogyakarta International Airport for fulfill demand 2038 is 97,000 m². Analysis results is showed by paying attention the baggage handling process, the passengers have to wait around 23,69 minutes for domestic & 23,19 minutes for international in the baggage claim area. The results meet the Standard of airport service (Permenhub No. 38/2015) That the standard waiting time for Passengers in baggage claim area about 30 minutes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 690.539 Wul p-1 3100018077451 |
Uncontrolled Keywords: | Bandara NYIA, Terminal Bandara, Jarak Berjalan, Level Of Service |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Catharina Tiffani W |
Date Deposited: | 07 May 2020 05:27 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 06:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/55640 |
Actions (login required)
View Item |