Analisa Risiko Ship-to-ship Transfer LNG Vessel dengan Pembangkit Listrik terapung

Yoanda, Riri (2018) Analisa Risiko Ship-to-ship Transfer LNG Vessel dengan Pembangkit Listrik terapung. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211645000007- Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211645000007- Undergraduate_Theses.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan tenaga listrik di seluruh daerah, pemerintah melalui PLN berupaya meningkatkan kapasitas tenaga listrik dengan mengadakan pembangkit tenaga listrik yang baru. Salah satu alternatif existing tersebut adalah dengan memilih pembangkit tenaga listrik terapung. Hal ini dianggap dapat menjadi solusi pilihan untuk daerah tersebut mengingat proses manufaktur dapat dipercepat ketika dibangun di daerah yang berkembang dengan baik. Selain itu, dapat menjadi solusi untuk menjembatani kesenjangan untuk permintaan listrik lokal sampai waktu tertentu sehingga daerah setempat dapat memasok permintaan daya mereka sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan bakar Pembangkit tenaga listrik terapung tersebut dilakukan proses Ship-to-Ship transfer sistem. Proses ini merupakan kegiatan pemindahan muatan cair maupun gas dari satu kapal ke kapal lainnya. Pada tugas akhir ini suplai LNG berasal dari LNG Bunker Vessel. Berlangsungnya proses STS tersebut tentunya dapat menimbulkan risiko yang dapat merugikan kondisi lingkungan sekitar maupun crew dari masing-masing kapal. Maka dari itu perlu dilakukan kajian risiko guna mengetahui bahaya atau risiko yang dapat terjadi dan nilai frekuensi dari risiko tersebut. Identifikasi bahaya dilakukan dengan menggunakan metode HAZOP yang mengacu pada P&ID yang ada. Setelah mengidentifikasi bahaya, perhitungan frekuensi dilakukan menggunakan FTA dan ETA. Analisa konsekeuensi dilakukan dengan fire modelling menggunakan software untuk mengetahui korban dan wilayah yang terdampak. Selanjutnya nilai dari frekuensi dan konsekuensi direpresentasikan pada F-N curve. Apabila tingkat risiko tersebut berada pada kondisi unacceptable maka perlu dilakukan mitigasi. Proses mitigasi dilakukan dengan menggunakan metode LOPA. Kajian risiko pada proses ship-to-ship transfer hingga suplai gas menuju engine ini terdapat 4 jenis bahaya yang dapat terjadi yaitu Jet fire, Flash fire, Gas dipersion dan explosion dengan skenario kebocoran small bore (3-10 mm), medium bore (10-50mm) dan full bore (50-150 mm). Konskuensi terjadinya bahaya yang paling besar yaitu Gas dispersion dengan nilai 4 x 10-3 per tahun. Pada proses ship-to-ship transfer dan suplai gas menuju engine, mitigasi perlu dilakukan pada dua potensi bahaya seperti jet fire dengan skenario medium bore serta gas dispersion di seluruh skenario kebocoran. Mitigasi dilakukan dengan penambahan IPL seperti gas detector, fire alarm, ESD, Temprature alarm, CO2 system dan lainnya disesuaikan dengan lokasi atau sistem yang ada. Hal ini bertujuan untuk menurukan tingkat risiko minimal berada posisi ALARP.
Kata kunci ; Ship-to-ship transfer, floating power plant, LOPA, IPL, LNG bunker vessel.
=======================================================================================================
The increasing demand for electricity throughout the region, the government through PLN seeks to increase the capacity of electricity by holding a new power plant. One such alternative is to choose a floating power plant. This is considered to be the preferred solution for the area as manufacturing processes can be accelerated when built in well-developed areas. In addition, it can be a solution to bridge the gap for local electricity demand until a certain time so that the local area can supply their own power demand. To meet the fuel needs of the floating power plant is done Ship-to-Ship transfer system. This process is an activity of moving liquid or gas loads from one ship to another. In this final project, LNG supply comes from LNG Bunker vessel. The ongoing process of STS can certainly pose a risk that can harm the environmental conditions and crews of each ship. Therefore it is necessary to conduct a risk assessment to determine the hazard or risk that can occur and the frequency value of the risk. Hazard identification is carried out using the HAZOP method which refers to the existing P & ID. After identifying hazards, frequency calculations are performed using FTA and ETA. Consequence analysis is carried out by fire modeling using software to find out the victims and the affected area. Then the value of the frequency and consequence are represented on the F-N curve. If the risk level is in an unacceptable condition then mitigation needs to be done. The mitigation process is done by using LOPA method. Risk assessment on the ship-to-ship transfer process until the supply of gas to this engine there are 4 types of hazards that can occur, namely Jet fire, Flash fire, gas dispersion and explosion with a small bore (3-10 mm), medium bore leakage scenario (10 -50mm) and full bore (50-150 mm). The biggest consequence of danger is Gas dispersion with a value of 4 x 10-3 per year. In the ship-to-ship transfer process and gas supply to the engine, mitigation needs to be done on two potential hazards such as jet fire with medium bore and dispersion gas scenarios in all leakage scenarios. Mitigation is done by adding IPL such as gas detector, fire alarm, ESD, Temprature alarm, CO2 system and others adapted to the existing location or system. This aims to reduce the level of risk at least in the position of the ALARP.
Keyword; Ship-to-Ship transfer, Floating power plant, LOPA, IPL,LNG Bunker Vessel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.802 89 Yoa a-1 3100018077970
Uncontrolled Keywords: Ship-to-ship transfer, floating power plant, LOPA, IPL, LNG bunker vessel.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Riri Yoanda
Date Deposited: 31 Oct 2020 12:26
Last Modified: 31 Oct 2020 12:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55731

Actions (login required)

View Item View Item