Analisis Laju Erosi Pipa Discharge Slurry Jenis Hdpe pada Kapal Keruk Isap (Cutter Suction Dredger) Yang Beroperasi di Canal Water Intake PLTGU Grati Menggunakan Simulasi CFD

Ilmi, Bahrul (2018) Analisis Laju Erosi Pipa Discharge Slurry Jenis Hdpe pada Kapal Keruk Isap (Cutter Suction Dredger) Yang Beroperasi di Canal Water Intake PLTGU Grati Menggunakan Simulasi CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000082-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211440000082-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengerukan pada canal water intake PLTGU Grati merupakan upaya untuk menjaga kedalaman dari kanal yang berkurang akibat terjadinya sedimentasi. Proses pengerukan sendiri menggunkan cutter suction dredger. Untuk mendistribusikan mud atau slurry (campuran air dan pasir) hasil dari pengerukan ke area pembuangan (dumping area) pihak PLTGU Grati menggunakan HDPE (high density polyethylene), sebagai material pipa. Pipa HDPE tidak mengalamai keausan akibat korosi melainkan erosi. Erosi didefinisikan sebagai kerugian atau hilangnya material yang diakibatkan oleh partikel padat (pasir) dalam aliran multi fase yang bergesekan atau bertubrukan dengan permukaan dinding material. Keausan akibat erosi sendiri diakui sebagai salah satu masalah yang dialami beberapa industri yang mendistribusikan slurry dalam prosesnya. Tugas akhir ini menganalisis dan memprediksi laju erosi yang terjadi pada pipa HDPE yang dialiri slurry dari hasil pengerukkan sedimentasi di PLTGU Grati menggunakan metode CFD (computational fluid dynamic). Akan dilakukan beberapa variasi berupa konsentrasi slurry, sudut belok pada pipa, besar diameter partikel dan juga kecepatan dari slurry untuk mengetahui pengaruhnya terhadap laju erosi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi slurry, sudut belok pada pipa, besar diameter partikel dan juga kecepatan dari slurry berbanding lurus dengan laju erosi yang pada pipa HDPE.
=======================================================================================================
The dredging of the canal water intake at PLTGU Grati is an process to maintain the depth of the reduced canal due to sedimentation. The dredging process itself uses a cutter suction dredger. To distribute mud or slurry (mixture of water and sand) result of dredging to dumping area of PLTGU Grati using HDPE (high density polyethylene), as pipe material, hence pipe not wear due to corrosion but erosion. Basicly, erosion is caused by impact of solid particle (sand) which is suspended inflow (multiphase) on a solid wall boundary. Wear caused by erosion itself is recognized as one of the problems in some industries that distribute slurry in their process. This bachelor thesis analyzes and predicts the rate of erosion occurring in HDPE pipes that are transported slurry from the sedimentation dredging in PLTGU Grati using CFD (computational fluid dynamic) method. Variations of slurry concentration, impact angel, particle diameter and velocity of the slurry will be performed to determine the effect on the rate of erosion. The results of this bachelor thesis showed that the concentration of slurry, impact angel, diameter of particle and the concentration of the slurry were directly proportional to the rate of erosion on the HDPE pipe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.828 Ilm a-1 3100018077905
Uncontrolled Keywords: Laju erosi, cutter suction dredger, HDPE, CFD, slurry, multi fase
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bahrul Ilmi
Date Deposited: 05 Dec 2020 09:32
Last Modified: 18 Dec 2020 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55766

Actions (login required)

View Item View Item