Redesain Stasiun Ponorogo

Pamungkas, Hanif Satria (2018) Redesain Stasiun Ponorogo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000067-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08111440000067-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (29MB) | Preview

Abstract

Stasiun Ponorogo sudah tidak aktif lagi sejak 1984. Namun akan direncanakan diaktifkan kembali pada tahun 2032. Melihat rencana itu, tentunya bisa menjadikannya kesempatan sebagai sebuah bangunan arsitektural. Sebagaimana yang terlihat dari sebagian besar bangunan di Ponorogo yang tidak mencerminkan atau memberi kesan kalau bangunan tersebut dibangun di Ponorogo. Sebagai kota yang dikenal akan kebudayaan tari Reyognya, salah satu yang menjadi daya tarik kota Ponorogo tentunya wisata budayanya. Dari ide tersebut dan rencana pemerintah akan pengaktifan kembali stasiun Ponorogo ide untuk tugas akhir ini yang berjudul ”Redesain Stasiun Ponorogo”. Mengapa stasiun? Karena stasiun merupakan salah satu angkutan transportasi massal yang umum digunakan oleh masyarakat. Jika seseorang berkunjung ke Ponorogo dengan angkutan umum, hal yang akan menyambut mereka adalah Gapura Perbatasan Ponorogo, terminal, dan stasiun. Dengan banyaknya orang yang berkunjung, maka Ponorogo akan lebih di kunjungi dan dikenal oleh masyarakat dari luar kota tersebut. Karena yang orang – orang ingat sebelumnya adalah tarian Reyognya tidak seperti apa kota tersebut.
Sebuah ikon secara umum yang diingat adalah visualisasinya. Dengan memanfaatkan bentuk visual bangunan atau visual interiornya pada redesain stasiun ini dimaksudkan supaya ketika melihat visual bangunan, bangunan tersebut akan terekam dengan mudah dan sulit dilupakan oleh orang yang melihatnya. Tentunya pada visualisasi bangunan juga menampakkan kota Ponorogo seperti apa. Fokusan nanti pada tugas akhir ini adalah membentuk stasiun yang baru namun menampakkan sisi tradisionalnya melalui tektonikannya.
============================================================
========================================
Train station of Ponorogo isn’t active since 1984. But it has already planned to be reactivated by 2032. Realized there was a plan to reactivated it, it was a good chance to redesign it as an architectural building. As seen as buildings around Ponorogo, there wasn’t any building that reflected an image of Ponorogo. Since Ponorogo is famous for their Reyog dance cultural. It’s one of their main interest as a town’s cultural excursion. From the situation, chance, and city planning by Ponorogo government, the idea for the final project come. The title is “Redesign Ponorogo’s Train Station”. Why a train station? Train is one of public transport which is commonly used anywhere. If one want to visit Ponorogo using public transport, the one who greet them first is Gapura border of Ponorogo, bus station, and train station. With that being said, the hope of this final project is to make people remember and know better about this town as Ponorogo, not only about their traditional Reyog culture.
An iconic design usually can be remembered easily from their visualization. Using visual shape of the exterior of the building or from the interior of the building, the purpose is to make people easily remember them from the visual and its atmosphere. Of course the content is to reflect what is Ponorogo about. The focus of this final project is to shape the station to be a new building but still appealing the traditional side from the tectonics of the building.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 725.31 Pam r-1 3100018077757
Uncontrolled Keywords: Ponorogo, kesenian, pengalaman visual, tektonika
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2941 Facades
N Fine Arts > NA Architecture > NA6310 Railroad stations.
N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hanif Satria Pamungkas
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:05
Last Modified: 21 Oct 2020 03:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55904

Actions (login required)

View Item View Item