Hageshi, Irvandhi Hito (2018) Perancangan Sistem Active Fault Tolerant Control (Aftc) Pada Regenerative Braking System Dengan Kesalahan Pada Sensor Untuk Kendaraan Listrik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
02311440000025-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Regenerative braking system adalah sebuah metode pengereman yang menggunakan energi mekanik dari motor dimana energi mekanik dan energi kinetic akan diubah menjadi energi listrik yang dikembalikan ke baterai. Regenerative braking system terdiri dari beberapa komponen salah satunya adalah sensor arus. Kesalahan pada sensor dapat menyebabkan kerusakan pada baterai akibat arus yang besar. Tugas akhir ini merancang sebuah sistem yang dapat mentoleransi kesalahan pada sensor. Sistem ini disebut dengan Active Fault Tolerant Control (AFTC). Sistem dirancang dan disimulasikan dengan software. Untuk membuat sistem tersebut, dimulai dari pemodelan motor BLDC yang kemudian merancang sistem kontrol PI dengan menggunakan metode trial and error. Setelah didapat kontrol yang bagus, dirancang sistem AFTC dengan cara membuat softsensor yang digunakan untuk merekonfigurasi sinyal kontroller. Untuk menguji performa AFTC yang telah dirancang, maka diberikan kesalahan pada sensor berupa kesalahan bias dan kesalahan sensitifitas. Dari perancangan AFTC yang telah dibuat, didapatkan respon yang lebih baik dengan menggunkan AFTC pada saat sensor mengalami kesalahan berupa kesalahan bias dan kesalahan sensitifitas dengan kesalahan masing – masing sebesar 30%, 60%, dan 100%.
===========================================================
Regenerative braking system is a braking method that uses the mechanical energy of the motor where the mechanical energy and energy will be converted into electrical energy that will be the battery. The regenerative braking system consists of several components one of which is a current sensor. Sensor errors can cause damage to battery. This final project is a system that can tolerant errors in the sensor. This system is called Active Fault Tolerant Control (AFTC). Systems are designed and balanced with software. To make the system, starting from BLDC motor modeling which then using PI control system by using trial and error method. After good control, AFTC system is designed by making softsensor used to reconfigur controller signal. For AFTC performance that has been designed, then the error on the sensor in the form bias error and sensitivity error. From AFTC designers that have been made, a better response is obtained by using AFTC when the sensor experiences bias error and sensitivity error of 30%, 60%, and 100% respectively.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regenerative Braking System, Sensor, Active Fault Tolerant Control. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Irvandhi Hito Hageshi |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 01:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 01:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/55925 |
Actions (login required)
View Item |