Hestuningrum, Hendra Annisa Putri Lintang (2018) Manajemen Kendaraan Ground Handling Di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111650060009-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ground handling adalah penanganan pesawat pada saat berada di darat, dari pesawat itu blok on hingga blok off. Pelayanan pesawat tersebut dinamakan ground support equipment (GSE). GSE ini memiliki banyak persyaratan mengenai waktu dan kecepatan saat kendaraan tersebut berada di apron. Delay yang terjadi di bandara dapat disebabkan oleh kelambatan dan pengaturan kendaraan GSE. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah ketersediaan ground support equipment cukup untuk kondisi eksisting dan pada tahun 2020 dan 2025.
Dalam mencapai tujuan dari penelitian, dilakukan pengumpulan data sekunder yaitu waktu blok on dan blok off, penggunaan gate dan waktu estimasi pelayanan kandaraan ground handling setiap tipe pesawat. Dari data tersebut diperkirakan waktu yang diperlukan untuk melayani masing – masing tipe pesawat. Waktu ini merupakan waktu yang diperlukan untuk beroperasi dari masing – masing kendaraan ground handling. Data peak hour digunakan untuk mengukur kinerja dari kendaraan ground handling. Hasil dari waktu pelayanan kendaraan ground handling ini digunakan untuk memperhitungkan kebutuhan jumlah kendaraan ground handling untuk kondisi saat ini dan tahun rencana dengan cara memindahkan setiap kendaraan ground handling pada waktu blok on terdekat setelah melakukan pelayanan.
Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan kendaraan ground handling di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda. Kebutuhan kendaraan catering, lavatory service, baggage carts loading/unloading adalah 5 kendaraan pada kondisi eksisting, namun untuk tahun 2020 adalah 9 untuk kendaraan catering, 10 untuk lavatory service, 5 untuk baggage cart untuk unloading/ loading dan untuk tahun 2025 perkiraan kebutuhannya adalah 29 untuk lavatory service, 24 untuk catering, 7 untuk baggage cart untuk loading dan 20 untuk baggage cart untuk loading. Kebutuhan Ground power unit adalah 10 kendaraan pada kondisi eksisting, 21 kendaraan pada tahun 2020 dan 37 kendaraan pada tahun 2025. Kebutuhan Fuel truck adalah 6 kendaraan pada kondisi eksisting, 10 kendaraan pada tahun 2020 dan 29 kendaraan pada tahun 2025. Kebutuhan belt loader adalah 9 kendaraan pada kondisi eksisting, 20 kendaraan pada tahun 2020 dan 44 kendaraan pada tahun 2025, dan untuk kebutuhan passangers boarding stairs adalah 2 kendaraan pada kondisi eksisting, 5 kendaraan pada tahun 2020 dan 9 kendaraan pada tahun 2025.
======================================================================================================
Ground handling is the handling of the aircraft at the time was on the
ground, from the plane to the block on until the block off. Ground handling are
serve the baggage, passengers, and service aircraft when on ground such as
cleaning, fuel, aircraft, appealing to chatering apron and others.. Aircraft serve
named is ground support equipment (GSE). GSE has many requirements on
time performance and speed while the vehicle was in an apron. Delay that
occurred at the airport can be caused by slowness and setting vehicles GSE.
This study is intended to determine whether the availability of ground support
equipment sufficient for the existing conditions and by the year 2020 and 2025.
In achieving the goals of the research, secondary data collection such as
used time blocks on and block off, used the gate and time estimation of service
ground handling vehicles for every type of aircraft. From these data are
estimated time required to serve each aircraft type. This time is the time
required to operate from each vehicle ground handlings. Peak hour data used to
measure the performance of the ground handling vehicle. Results from the time
of service the vehicle ground handling is used to take into account the needs of
the number of vehicles ground handling for the current conditions and the plan
with how to move any vehicle ground handling at the time blocks on nearby
after performing a service.
The results of this research show the vehicle needs of ground handling at
Terminal 1 Juanda international airport. Catering vehicle, lavatory service carts
with loading/unloading needs 5 vehicles on existing conditions,but in the year
2020 are 9 for Catering vehicle, 10 for lavatory service, 5 for baggage carts for
loading/unloading and in the year 2025 are 24 for Catering vehicle, 29 for
lavatory service, 20 for baggage carts for loading and 7 vehicle for baggage
carts for unloading. The ground power units needs 10 vehicles on existing
conditions, the 21vehicles in the year 2020 and 37 vehicles in the year 2025.
Fuel truck needs 6 vehicles on existing conditions, 10 vehicles in 2020 and 29
vehicles in the year 2025. Belt loader needs 9 vehicle on existing conditions,
20 vehicles in the year 2020 and 44 vehicles in the year 2025, and for the
passangers boarding stairs needs 2 vehicles on existing conditions, 5 vehicles
in the year 2020 and 9 vehicles in the year 2025.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTS 629.134 52 Hes m-1 3100018078009 |
Uncontrolled Keywords: | Ground handling, GSE, Manajemen. Bandar Udara |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE9787.5 Airplanes--Ground handling T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Hendra Annisa |
Date Deposited: | 14 May 2020 01:37 |
Last Modified: | 14 May 2020 01:37 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/56071 |
Actions (login required)
View Item |