Analisa Aliran Fluida Terhadap Penambahan Pre-Swirl Pada Lambung Kapal Dengan Menggunakan CFD

Hidayat, Yandihar (2018) Analisa Aliran Fluida Terhadap Penambahan Pre-Swirl Pada Lambung Kapal Dengan Menggunakan CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211645000005_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211645000005_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Modifikasi pada system propulsi banyak dilakukan demi memenuhi performa kapal. Salah satu kajian yang dilakukan adalah modifikasi pada system propulsi dengan penambahan propeller baru. Perubahan system propulsi dari single screw propeller menjadi triple screw propeller akan berpengaruh terhadap aliran kapal serta thrust yang dihasilkan, salah satu cara yaitu dengan dilakukannya pemasangan alat bantu yaitu pre-swirl stator. Pre-swirl stator adalah suatu alat bantu yang dipasang di lambung kapal yang terdiri dari beberapa bilah stator tepatnya lambung pada bagian buritan kapal yang posisinya berada di depan propeller. Pre-swirl stator ini berupa bilah stator yang menyerupai propeller, namun tidak berputar atau dalam kondisi diam. Fokus dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki aliran pada lambung kapal, peningkatan nilai thrust yang dihasilkan serta pressure distribution yang dihasilkan pada masing-masing model. Simulasi pada penelitian ini dibagi mendai beberapa model yaitu model 1 dengan sudut 43°, model 2 dengan sudut 45° serta model 3 dengan sudut 48°. Dari ketiga model tersebut di bagi menjadi 5 variasi kecepatan yaitu 13 knot, 14 knot, 15 knot, 16.5 knot dan 17.5 knot. Model yang paling optimal memperbaiki aliran serta peningkatan nilai thrust terlihat pada model 3. Aliran yang dihasilkan pada model ini dapat memperbaiki yang sebelumnya kurang homogen. Nilai thrust yang dihasilkan pada model 3 ini dapat mengalami kenaikan, kenaikan paling tinggi terdapat pada kecepatan 15 knot yaitu sebesar 16.16%. Serta pressure distribution yang dihasilkan pada model 3 ini memiliki pressure yang lebih rendah dari model 1 dan 2.
"================================================"
Modifications to the propulsion system are mostly done to meet the performance of the ship. One of the studies conducted in the modification of the propulsion system with the addition of new propeller. The change of the propulsion system from single screw propeller to triple screw propeller will affect the flow of the ship and thrust produced, one way is by doing the installation of a tool that is pre-swirl stator. Pre-swirl stator is a tool that is installed in the hull of a ship consisting of several stator blades precisely in the hull on the stern of the ship whose position is in front of the propeller. This stator pre-swirl is a stator blade that resembles a propeller, but does not rotate or in a stationary state. The focus of this research is to improve the flow on the hull of the ship, increasing the resulting thrust value and pressure distribution produced in each model. The simulation of this research is divided into several models, namely model 1 with angle 43 °, model 2 with angle 45 ° and model 3 with angle 48 °. Of the three models are divided into 5 variations of speed ie 13 knots, 14 knots, 15 knots, 16.5 knots and 17.5 knots. The most optimized model improves the flow as well as the increase in thrust values seen in model 3. The flow generated in this model can improve the previously less homogeneous. The value of thrust generated in model 3 can increase, the highest increase is at 15 knots at 16.16%. And the pressure distribution produced on this model 3 has a lower pressure than models 1 and 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.87 Hid a-1 3100018077775
Uncontrolled Keywords: CFD, Pre-swirl stator,Thrust
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yandihar Hidayat
Date Deposited: 03 Dec 2020 01:09
Last Modified: 03 Dec 2020 01:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56118

Actions (login required)

View Item View Item