PUTRA, REVIAN ARIEF (2018) Perancangan Tabung Vorteks Untuk Sistem Pengondisian Udara Pada Ruang Akomodasi Kapal Penumpang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211440000083_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sistem pengondisian udara di ruang akomodasi kapal penumpang merupakan sistem
yang dirancang untuk kenyamanan dan kesehatan operator kapal (ABK) dan penumpang.
Sistem pengondisian udara di kapal umumnya menggunakan sistem kompresi uap
dimana kelemahan sistem ini adalah tidak ramah lingkungan. Salah satu solusi untuk
pendinginan ruangan yang ramah lingkungan adalah tabung vortex, yaitu sebuah alat
mekanik yang memungkinkan untuk memisahkan aliran udara bertekanan yang masuk
ke dalam tabung vorteks secara tangensial menjadi aliran udara dingin dan panas tanpa
adanya reaksi kimia atau suplai energi dari luar. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk
mengetahui kemampuan desain tabung vorteks sebagai pengondisian udara ruang
akomodasi di kapal penumpang. Prototipe tabung vorteks didesain berdasarkan
penelitian sebelumnya, dimana untuk menganalisa kemampuan desain tabung vorteks
dilakukan pengujian dengan memvariasikan tekanan udara masuk dan bukaan katup
tabung vorteks sehingga dapat diketahui penurunan suhu, kapasitas pendinginan,
efisiensi pendinginan dan coefficient of performance (COP) dari desain tabung vorteks.
Hasil analisis didapatkan bahwa prototipe tabung vorteks yang dirancang memiliki
efiensi pendinginan tertinggi pada kondisi tekanan udara masuk 4 bar dan bukaan katup
½ putaran dimana nilainya sebesar 21,4%. Prototipe tabung vorteks memiliki nilai COP
tertinggi sebesar 0,2944 pada saat kondisi tekanan udara masuk 4 bar dan bukaan katup
0 putaran atau tertutup rapat. Hasil implementasi prototipe tabung vorteks di ruang
akomodasi kapal penumpang dengan beban panas 21,2 kW adalah berupa rekomendasi
sistem tabung vorteks dan desain alternatif tabung vorteks yang memiliki nilai COP
sebesar 0,925.
=============================================================================
Air conditioning system at accommodation room in passenger ship is a system that design
for comfort and health for crews and passenger. Air conditioning system in ship usually
use vapour compression system, however this system is not environmentally friendly. One
of the solution for this problem is by using vortex tube as air conditioning system, which
is a device that enables the separation of hot and cold air as compressed air flows
tangentially into the vortex chamber through inlet nozzles. The purpose of this thesis is
to know the capability of vortex tube as air conditioning system at accommodation room
in passenger ship The prototype of the vortex tube is designed based on previous
research, where to analyse the capability of the vortex tube, it was tested by varying the
air pressure and vortex tube valve opening so it can be known the temperature drop,
cooling capacity, cooling efficiency and coefficient of performance (COP) from the
vortex tube. The results of the analysis show that the prototype of vortex tube has the
highest cooling efficiency at 4 bar entry air pressure and valve half open where the
cooling efficiency is 21.4%. The prototype of the vortex tube has the highest COP of
0.2944 when the inlet air pressure condition is 4 bar and valve is tightly closed. The
result of applying prototype of vortex tube at accommodation room in passenger ship
with heat load of 21,2 kW is a recommendation of the vortex tube system and the
alternative design of vortex tube which has COP of 0,925.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263 Heat exchangers T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ935 Pipe--Fluid dynamics. Tubes--Fluid dynamics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ990 Compressors |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Revian Arief Putra |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 07:33 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 07:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/56276 |
Actions (login required)
View Item |