Pemodelan Dan Estimasi Emisi Gas Buang Terhadap Kualitas Udara Akibat Pertambahan Freight Dengan Metode Dinamika Sistem

Ashari, Alif Yudha (2018) Pemodelan Dan Estimasi Emisi Gas Buang Terhadap Kualitas Udara Akibat Pertambahan Freight Dengan Metode Dinamika Sistem. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000057-Undergraduates_Theses.pdf]
Preview
Text
04211440000057-Undergraduates_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak adalah salah satu pelabuhan terbesar kedua dan
terpadat di Indonesia, dimana aktifitas bongkar muat terjadi dipelabuhan tersebut.
Berdasarkan keterangan dari humas pelindo 3 bahwa kapasitas dari terminal
kontainer di pelabuhan tanjung perak surabaya diperkirakan sudah tidak dapat
menampung kapasitas kontainer dimana kapasitas kontainer pelabuhan tanjung
perak hanya 2,1 juta TEUs (Twenty-Foot Equivalent Unit )namun pada tahun 2014
sudah mencapai 3,6 juta TEUs. Tingginya aktifitas pelabuhan serta bertambahnya
lalu lintas peti kemas dan juga freight pada setiap tahunnya menyebabkan terjadinya
pencemaran polusi yang semakin meningkat, dimana emisi yang dihasilkan dari gas
buang kapal maupun peralatan bongkar muat dapat menurunkan kualitas udara.
Dimana emisi yang dihasilkan antara lain CO (Karbon Monoksida), CO2 (Karbon
Dioksida), NOx (Nitrogen Oksida), SOx (Sulfur Dioksida), PM 10 dan PM 2.5 untuk
perhitungan emisi gas buang menggunakan metode US EPA (United State
Environmental Protection Agency). Untuk mempermudah perhitungan digunakan
software Powersim Studio 7 yang menggunakan metode System Dynamic. Emisiemisi
tersebut apabila berada diatas ambang batas yang telah ditentukan oleh
BMUAN (Baku Mutu Udara Ambien Nasional) dapat menyebabkan ISPA. Metode
Gaussian-plume digunakan untuk persebaran emisi. Pada penelitian ini didapatkan
bahwa pada tahun 2021, beberapa area pelabuhan tanjung perak akan melebihi batas
yang ditentukan. Diantaranya area terminal Mirah dan Berlian, namun berdasarkan
peraturan dari kementrian kesehatan masih tidak mempengaruhi kesehatan pekerja.
Daerah yang terdampak antara lain daerah Pabean Cantikan NOx 4.15 x 102 µg/m3
,
Wonokusumo NOx 2.67 x 102 µg/m3 dan Kedungcowek NOx 1.64 x 102 µg/m3
.
Sebaran emisi diatas masih dalam tahap tidak berdampak apa-apa terhadap
kesehatan manusia===============================================================The Port of Tanjung Perak is one of the largest and busiest ports in
Indonesia, loading and unloading activities occur in this port. Based on
information from Pelindo 3 public relations, the container capacity terminal at
Tanjung Perak Surabaya port is estimated to be unable to accommodate higher
container capacity. Container capacity of Tanjung Perak port only 2.1 million
TEUs (tbut in 2014 it has reached 3.6 million TEUs. The high activity of port,
increase of container traffic and also the freight in each year will increase
pollution produced by exhaust gas of auxiliary engine and loading-unloading
equipment. The emissions consists of CO (Carbon Monoxide), CO2 (Carbon
Dioxide), NOx (Nitrogen Oxide), SOx ¬ (Sulfur Dioxide), PM 10 and PM 2.5.
US EPA (United State Environmental Protection Agency) is used to calculate
emission estimation. In calculation software Powersim Studio 7 is used to
calculate all aspect with system dynamic method. If the emissions exceed
standard that has been determined by BMUAN (Baku Mutu Udara Ambien
Nasional) it would cause various breathing complications. Gaussian-Plume
method use to calculate emission dispersion. This study found that in 2021
some areas of the port of Tanjung Perak will exceed the specified limits. Mirah
and Berlian terminal areas, however, based on regulations from the Ministry of
Health still does not affect the health of workers. Affected area by pollution are
pabean cantikan district NOx 4.15 x 102 µg/m3
, Wonokusumo district NOx 2.67
x 102 µg/m3
, and Kedungcowek district NOx 1.64 x 102 µg/m3
. This dispersion
emission isn’t affect to human health.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alif Yudha Ashari
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:36
Last Modified: 28 Jun 2021 07:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56318

Actions (login required)

View Item View Item