Desain dan Implementasi Aplikasi Pengolahan Top-K Dominating Query Berbasis Streaming Menggunakan Incomplete Data

Sektiaji, Bayu (2018) Desain dan Implementasi Aplikasi Pengolahan Top-K Dominating Query Berbasis Streaming Menggunakan Incomplete Data. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000122-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000122-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Decision support application merupakan aplikasi yang berperan penting dalam industri dan berbagai bidang lainnya. Contoh dari decision support application seperti monitoring jaringan komputer, aplikasi analisa data ilmiah, aplikasi managemen jaringan sensor, dan seterusnya. Dalam decision support aplication, top-k dominating query menjadi salah satu riset yang sedang dikembangkan akhir-akhir ini. Dengan metode top-k dominating query akan mengembalikan objek-objek dengan k skor dominasi tertinggi dari data yang ada.
Kebutuhan akan memonitor hasil query dengan sering adanya perubahan data (data stream) juga menjadi masalah tersendiri agar tidak melakukan perhitungan lagi dari awal setiap ada data baru masuk. Selain itu data pada keyataannya tidak selalu lengkap (incomplete) sehingga tidak bisa melakukan query yang sama pada data lengkap.
Artikel ini, mengusung permasalahan pengolahan top-k dominating query berbasis data streaming dengan menggunakan incomplete data. Diusulkan sebuah metode algoritme event based untuk menangani tantangan tersebut. Algoritme ini diusulkan karena mempercepat waktu perhitungan pada setiap query-nya sehingga dapat memonitor top-k dominating query secara terus menerus dengan efisien. Dengan menggunakan data independen, anti corelated dan forest covertype untuk uji coba metode ini terbukti memberikan hasil yang lebih baik dalam hal penggunaan waktu perhitungan dari pada algoritme naive dengan penurunan rata – rata waktu query sejumlah 77,87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Top-K Dominating Query, Incomplete Data, Streaming
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bayu Sektiaji
Date Deposited: 19 Jun 2021 15:28
Last Modified: 19 Jun 2021 15:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56883

Actions (login required)

View Item View Item