Studi Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Hub Cap Terhadap Efisiensi Baling - Baling Kapal Pada Pemasangan Propeller Boss Cap Fins (PBCF)

Abar, Insanu Abdilla Cendikia (2018) Studi Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Hub Cap Terhadap Efisiensi Baling - Baling Kapal Pada Pemasangan Propeller Boss Cap Fins (PBCF). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4116203201- Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
4116203201- Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Propeller Boss Cap Fins (PBCF) juga merupakan sebuah terobosan energy saving device (ESD) dalam mengefesiensikan kinerja baling – baling kapal dan mesin penggerak utama. Sejak tahun 1987 PBCF telah diakui sebagai ESD dalam efektifitasnya baik dalam pengujian dengan pemodelan maupun ukuran sebenarnya. Mekanisme kerja PBCF sendiri yaitu dengan menghilangkan vortex pada bagian hub baling – baling sehingga meningkatkan efesiensi baling – baling kapal.
Hub baling – baling utama merupakan tempat dipasangnya PBCF. Bentuk dari hub baling – baling berpengaruh besar pada terciptanya hub vortex. Sehingga pada penelitian ini, akan dilakukan analisa pengaruh pada sudut kemiringan hub cap baling – baling kapal terhadap penambahan fins. Sehingga dapat diketahui bentuk dan sudut kemiringan hub pada PBCF yang paling optimal. Dipilihlah dua jenis tipe hub cap, yaitu konvergen dan divergen.
Setelah dilakukan analisa dan simulasi menggunakan perangkat Computational Fluid Dynamic (CFD) didapatkan hasil performa yang berbeda dari kedua tipe hub cap tersebut. Untuk konvergen cap semakin bertambahnya sudut kemiringan didapatkan kenaikan efisiensi, baik konvensional cap maupun PBCF. Sebaliknya Divergen cap memperoleh penurunan efisiensi seiring bertambahnya sudut kemiringan, baik konvensional cap maupun PBCF.
=========================================================
Propeller Boss Cap Fins (PBCF) juga merupakan sebuah terobosan energy saving device (ESD) dalam mengefesiensikan kinerja baling – baling kapal dan mesin penggerak utama. Sejak tahun 1987 PBCF telah diakui sebagai ESD dalam efektifitasnya baik dalam pengujian dengan pemodelan maupun ukuran sebenarnya. Mekanisme kerja PBCF sendiri yaitu dengan menghilangkan vortex pada bagian hub baling – baling sehingga meningkatkan efesiensi baling – baling kapal.
Hub baling – baling utama merupakan tempat dipasangnya PBCF. Bentuk dari hub baling – baling berpengaruh besar pada terciptanya hub vortex. Sehingga pada penelitian ini, akan dilakukan analisa pengaruh pada sudut kemiringan hub cap baling – baling kapal terhadap penambahan fins. Sehingga dapat diketahui bentuk dan sudut kemiringan hub pada PBCF yang paling optimal. Dipilihlah dua jenis tipe hub cap, yaitu konvergen dan divergen.
Setelah dilakukan analisa dan simulasi menggunakan perangkat Computational Fluid Dynamic (CFD) didapatkan hasil performa yang berbeda dari kedua tipe hub cap tersebut. Untuk konvergen cap semakin bertambahnya sudut kemiringan didapatkan kenaikan efisiensi, baik konvensional cap maupun PBCF. Sebaliknya Divergen cap memperoleh penurunan efisiensi seiring bertambahnya sudut kemiringan, baik konvensional cap maupun PBCF.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Propeller Boss Cap Fins, Energy Saving Device, Hub Vortex.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Abar Insanu Abdilla Cendikia
Date Deposited: 06 Jul 2021 10:29
Last Modified: 06 Jul 2021 10:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56897

Actions (login required)

View Item View Item