Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Berdasarkan Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Ekonomi Dengan Metode Ensemble ROCK

Ichsan, Lilik Indriyati (2018) Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Berdasarkan Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Ekonomi Dengan Metode Ensemble ROCK. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211440000040-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06211440000040-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2020-2030 mendatang Indonesia akan menghadapi peristiwa bonus demografi. Adanya bonus demografi diharapkan mampu menjadi angin segar bagi pemerintah dalam upaya mengentaskan masalah kemiskinan. Dalam rangka men-capai tujuan tersebut dan menjadikan peristiwa bonus demografi sebagai the window of opportunity diperlukan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai dan kebijakan pemerintah yang sejalan dengan potensi yang ada. Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar nomor dua di Indonesia dan jumlah kemiskinan serta kesenjangan sosial yang masih tergolong tinggi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan variabel yang menjadi indikator penilaian pembangunan kualitas SDM dan pembangunan ekonomi yang terdiri dari 21 variabel campuran numerik dan kategori. Sehingga metode pengelompokan yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut adalah metode ensemble ROCK. Hasil dari pengelompokan dengan metode ensemble ROCK menunjukkan bahwa kelompok optimum yang terbentuk adalah sebanyak dua kelompok dengan threshold sebesar 0.05 dan nilai rasio sebesar 2.98×10-16.
=========================================================
In the next 2020-2030, Indonesia will face the demographic bonus event. The existence of demographic bonus is expected to be a fresh breeze for the government in an effort to alleviate the problem of poverty. In order to achieve these objectives and make demographic bonus events as the window of opportunity requires adequate quality of human resources (HR) and government policies that are in line with existing potential. East Java Province was selected in this study because this province has the second largest population in Indonesia and the number of poverty and social gaps is still relatively high. The variables used in this study are the variables that become indicators of assessment of the development of human resource quality and economic development consisting of 21 variables of numerical mix and category. So the grouping method used to solve the problem is the ROCK ensemble method. The result of clustering using ROCK ensemble method showed that the optimum group was formed as two groups with the threshold of 0.05 and the value of ratio was 2.98 × 10-16.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Ensemble ROCK, Kategori, Kualitas SDM, Numerik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lilik Indriyati Ichsan
Date Deposited: 06 Jul 2021 10:53
Last Modified: 06 Jul 2021 10:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57012

Actions (login required)

View Item View Item