Pujinaufal, Vianto Ilham (2018) Analisis Pengaruh Penggunaan Biodiesel Biji Kemiri (Aleurites moluccana) terhadap Proses Pembakaran dan Kadar Emisi NOx pada Mesin Diesel Satu Silinder. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211440000056-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bahan bakar fosil merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui namun masih menjadi pilihan bahan bakar utama. Namun, saat ini mulai disadari bahwa ketersediaan bahan bakar fosil semakin menipis yang selanjutnya mendorong berbagai penelitian mengenai bahan bakar terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil. Salah satu bahan bakar terbarukan yang sedang dikembangkan adalah biodiesel. Penggunaan minyak nabati dan hewani menjadi pilihan utama dalam menjaga keberlangsungan bahan bakar terbarukan. Minyak biji buah kemiri adalah salah satu alternatif dalam pembuatan biodiesel berbahan lemak dari minyak nabati. Minyak biji kemiri dapat menjadi pilihan yang baik untuk pembuatan biodiesel karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah kemudahan untuk memperoleh biji kemiri, kadar getah yang rendah, kadar Free Fatty Acid (FFA) rendah dan kemudahan dalam pengolahannya menjadi biodiesel. Penelitian ini dilakukan dengan menguji kadar emisi NOx dan proses pembakaran yang dihasilkan dalam penggunaan bahan bakar B20 kemiri dibandingkan dengan bahan bakar HSD pada mesin diesel satu silinder yaitu YANMAR TF85-MH. Hasil penelitian yang didapat ialah kadar emisi NOx yang dihasilkan pada penggunaan bahan bakar B20 kemiri dan hasil proses pembakaran yang dihasilkan. Hasil perbandingan emisi NOx antara biodiesel kemiri dan HSD menunjukan kenaikan yaitu 0,76 gr/kWh untuk biodiesel kemiri dan 0,51 gr/kWh untuk bahan bakar HSD. Pada hasil uji proses pembakaran menunjukan bahwa bahan bakar kemiri memiliki hasil pembakaran yang lebih baik dibandingkan dengan bahan bakar HSD salah satunya dibuktikan dengan nilai knocking dari biodiesel kemiri yang lebih rendah dibandingkan HSD yaitu 5,69 bar untuk biodiesel kemiri dan 6,19 bar untuk bahan bakar HSD. Setelah dilakukannya penelitian ini diharapkan bahwa bahan bakar biodiesel kemiri dapat menjadi salah satu energi terbarukan yang dapat menjadi solusi atas krisis energi yang sedang terjadi.
===========================================================================================================
Fossil fuels are non
-renewable fuels but remain the main fuel choice. However, it is now becoming increasingly recognized that the availability of fossil fuels is running low and encouraging research on renewable fuels in lieu of fossil fuels. One of the renewable fuels under development is biodiesel. The use of vegetable and animal oils is the primary choice in maintaining the sustainability of renewable fuels. Candlenut oil is one of the alternatives in the manufacture of biodiesel made from vegetable oils. Candlenut seed oil can be a good choice for making biodiesel because it has several advantages such as
easiness to obtain candlenut seeds, low sap cont
ent, low fatty acid content (FFA) and ease of processing into biodiesel. This study was conducted by testing the levels of NOx emissions and combustion processes generated in the use of fuel B20 candlenut compared with HSD fuel on a single cylinder diesel engine that is YANMAR TF85
-MH. The results obtained are NOx emission levels generated on the use of fuel B20 candlenut and the
resulting combustion process. The result of NOx emission comparison between candlenut and HSD biodiesel showed
an increase, 0,76 gr/kWh for candlenut biodiesel and 0,51 gr/kWh for HSD fuel. On combustion test result showed that candlenut fuel has better combustion result compared to HSD fuel one of them is proved by knocking value of candlenut biodiesel is 5,69 bar compared to HSD which has 6,19 bar knocking value. This study is expected to provide information that the fuel biodiesel candlenut can be one of renewable energy that can be a solution to the ongoing energy crisis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.872 36 Puj s-1 3100018077786 |
Uncontrolled Keywords: | Biodiesel, Biji Buah Kemiri, Emisi, Mesin Diesel, Pembakaran, Biodiesel, Candlenut, Emission, Diesel Engine, Combustion |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ254.7 Combustion chambers T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control. T Technology > TP Chemical technology > TP248.3 Biochemical engineering. Bioprocess engineering V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23001-(S3) PhD Thesis |
Depositing User: | Vianto Ilham Pujinaufal |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 02:41 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 05:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/57580 |
Actions (login required)
View Item |