Wardani, Regita Indar (2018) Analisa Pengaruh Ketidakseimbangan Tegangan Terhadap Performansi Motor Bow Thruster di Kapal Berdasarkab Aturan IEC Menggunakan Perangkat Lunak Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211440000023_Undergraduate-Theses_Regita Indar Wardani.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Secara umum, penggunaan motor induksi tiga fasa sering digunakan pada bidang maritim. Salah satu, penerapan motor induksi tiga fasa yaitu pada motor listrik bow thruster di kapal. Penggunaan motor induksi tiga fasa pada bow thruster dikarenakan bentuknya yang sederhana namun memiliki konstruksi yang kuat, dan biaya yang rendah. Motor ini digunakan untuk menggerakkan baling-baling kapal sebagai pendorong bantu yang digunakan untuk maneuver kecepatan rendah, transversal, yang ditempatkaan di haluan kapal. Kinerja motor bow thruster mempunyai kaitan yang erat dengan kualitas tegangan yang disuplai dan tegangan yang keluar dari motornya. Apabila tegangan yang disuplai dan tegangan yang keluar dari motornya mempunyai mempunya kualitas yang buruk, maka kinerja dari motor akan terganggu. Beberapa penyebab penurunan kualitas tegangan disebabkan oleh ketidakseimbangan tegangan pada motor bow thruster. Ketidakseimbangan tegangan terjadi akibat dari tegangan suplai yang tidak seimbang dan jumlah lilitan salah satu stator yang berkurang atau rusak dikarenakan kurang perawatan dan buruknya lingkungan sekitar motor. Pada pembahasan ini, dilakukan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak matlab/Simulink untuk melihat pengaruh enam kondisi ketidakseimbangan tegangan yang terjadi di kapal terhadap performansi motor bow thruster dengan variasi faktor ketidakseimbangan tegangan berdasarkan true definition IEC. Setelah dianalisa pada kondisi steady state (tunak) terlihat bahwa adanya perbedaan pengaruh dari setiap kondisi ketidakseimbangan tegangan. Pada factor ketidakseimbangan 5% kondisi undervoltage 3 phase memiliki daya keluaran terkecil 22321.59 watt dengan torsi terkecil 142.9039 Nm, namun memiliki power factor 0.762326 yang power faktornya masih diperbolehkan oleh aturan IEC.
===============================================================================================
In general, the use of three-phase induction motors is often used in the maritime field. One, the application of three-phase induction motor is bow thruster electric motor on the ship. The use of a three-phase induction motor on the bow thruster because is due to its simple shape but has strong construction, and low cost. This motor is used to drive the ship's propeller as an auxiliary booster used for low-speed, transversal maneuvers, which are located in the bow of the ship. The performance of the bow thruster motor is closely related to the quality of the supplied voltage and the voltage coming out of the motor. If the voltage supplied and the voltage out of the motor has a poor quality, then the performance of the motor will be disrupted. Some of the causes of quality degradation are caused by an imbalance of voltage on the bow thruster motor. Voltage imbalance occurs as a result of an unbalanced supply voltage and the amount of winding one of the stator is reduced or damaged due to poor maintenance and poor environment around the motor. In this discussion, simulations were performed using matlab / simulink software to see the effect of six conditions of ship imbalance on vessel to bow thruster motor performance with variation of voltage imbalance factor based on true definition of IEC. After analyzed under steady state is seen that there is difference of influence from every condition of unbalance voltage. In the 5% imbalance factor the under voltage 3 phase has the smallest output power of 22321.59 watt with the smallest torque of 142.9039 Nm, but has a power factor of 0.762326 whose power factor is still permitted by IEC rules.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motor Induksi tiga fasa, Motor Bow Thruster, Ketidakseimbangan Tegangan, True Definition IEC |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction. T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves). |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Regita Indar Wardani |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 23:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 23:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/57726 |
Actions (login required)
View Item |