Asykarullah, Muhamad Azka (2018) Analisa Teknis Terhadap Pengaruh Penambahan Fin Pada Katup Hisap pada Aliran Udara-Gas Masuk Pada Mesin Modifikasi Yanmar TF 85 MH - DI; Berbasis Pemodelan Komputasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211441000021-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mesin diesel umumnya digunakan karena keandalannya yang baik, pembakaran efisiensi tinggi, dan efektivitas biaya yang tinggi. Namun, mesin diesel adalah salah satu permesinan yang menjadi penyebab utama pencemaran lingkungan, yang mana pencemaran lingkungan dari bahan bakar diesel tersebut merupakan penyusun Utama hujan asam dan permasalahan kesehatan. Mesin berbahan bakar ganda merupakan salah satu solusi untuk mengurangi jumlah polusi udara yang disebebkan oleh bahan bakar mesin diesel. Tujuan penambahan sirip pada air intake valve pada mesin modifikasi YANMAR TF 85 MH-DI adalah menghasilkan intensitas turbulensi yang lebih besar terutama dari aliran pusaran. Penelitian ini mensimulasikan aliran udara melalui intake valve menggunakan simulasi CFD dengan Ansys Fluent. ada tiga katup berbeda katup hisap konfensional, katup hisap bersirip 3, dan katup hisap bersirip 5 pada dua situasi yang berbeda, yaitu 372 ° dan 402 ° dari sudut engkol. Hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa penambahan sirip menghasilkan intensitas turbulensi yang lebih besar. intensitas turbulensi terbaik dihasilkan oleh 5 katup bersirip dengan 0,9651 diikuti oleh 3 katup bersirip dengan 0,9040 dan oleh katup konvensional dengan 0,8707. ========================================================================================================
Diesel engine commonly used because of their good reliability, high combustion efficiency, and high cost effectiveness. However, diesel engine is one of any machinery that causes environmental pollutions, which these elements are the main constituents of acid rain and human health disorders Dual fuel engine is one solution to reduce the amount of air pollution expenditure caused by the use of diesel fuel. the purpose of fin addicting on air intake valve in modification engine YANMAR TF 85 MH-DI is produce more turbulence intensity especially of swirl flow. this research simulating air flow through intake valve used CFD simulation with Ansys Fluent. there are three compared valve on this research which are, conventional valve, 3 finned intake valve, and 5 finned intake valve on two different situation, that are 372° and 402° of crank angle. The result of simulation can be concluded that the addition of fin produced more the turbulence intensity. the best produced turbulence intensity was by 5 finned valve with 0.9651 followed by 3 finned valve with 0.9040 and by conventional valve with 0.8707.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.872 36 Asy t-1 3100018077906 |
Uncontrolled Keywords: | CFD Simulation, Dual Fuel Engine, Fin Addition, Intake Valve, Turbulence Intensity |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ254.7 Combustion chambers T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhamad Azka Asykarullah |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 02:43 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 04:19 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/57859 |
Actions (login required)
View Item |