Wibawa, Hanifan Ardi (2018) Analisa Combustion Process dan Emisi NOx dari Mesin Diesel dengan Bahan Bakar Biodiesel Minyak Biji Nyamplung (Calophyllum Inophyllum L.) Berbasis Eksperimen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211440000017-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ketersediaan bahan bakar fosil menjadi permasalahan utama yang ada di Indonesia. Hal ini mendorong untuk melakukan pengembangkan energi alternatif yang dapat menggantikan penggunaan bahan bakar fosil. Penggunaan biodiesel dengan bahan dasar minyak nabati dan lemak hewani diupayakan semaksimal mungkin untuk menjaga keberlanjutannya. Minyak biji nyamplung (Calophyllum Inophyllum L.) merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan sebagai pengganti bahan bakar fosil. Ada beberapa manfaat menggunakan minyak biji nyamplung sebagai bahan bakar pengganti yaitu: ketersediaannya yang terjamin, menghasilkan polutan yang rendah, dapat digunakan untuk mesin diesel dengan sedikit atau tanpa modifikasi. Penelitian ini dilakukan melalui uji pembakaran dan uji emisi NOx dengan mesin diesel YANMAR TF85-MH menggunakan bahan bakar biodiesel minyak biji nyamplung dengan campuran B20. Dari hasil uji Pembakaran, ditunjukkan bahwa penggunaan minyak biji nyamplung memberikan maximum pressure lebih rendah, ignition delay yang yang terjadi lebih pendek, nilai heat release yang lebih tinggi dan potensi knocking yang lebih rendah daripada penggunaan bahan bakar fosil pada mesin yang sama. Selain itu, emisi NOx biodiesel biji nyamplung memiliki nilai keluaran NOx yang lebih rendah daripada bahan bakar diesel fosil. Penambahan persentase biodiesel minyak biji nyamplung kedalam bahan bakar fosil menghasilkan emisi NOx yang lebih rendah dan memberikan potensi knocing yang lebih rendah.
===================================================================================================
The availability of fossil fuels is the main problem in Indonesia.. This encourages to develop alternative energy that can replace the use of fossil root materials. The use of biodiesel using vegetable oils and animal fats is strived to the greatest extent possible to maintain its continuation. Seed oil nyamplung (Calophyllum Inophyllum L.) is one alternative that can be used as a substitute for fossil fuels. There are several benefits of using nyamplung seed oil as a substitute fuel: the availability of which is assured, produces low pollutants, can be used for diesel engines with little or no modification. This research was conducted through burning test and NOx emission test with YANMAR TF85 MH diesel engine using biodiesel fuel of nyamplung seed with mixed of B20. From Combustion test results, it is shown that the use of nyamplung seed oil gives lower maximum pressure, shorter ignition delay, higher heat release value and lower knocking potential than fossil fuel use on the same machine. In addition, NOx emissions of nyamplung seed biodiesel have a lower NOx output value than fossil diesel fuel. The addition of biodiesel percentage of nyamplung seed oil into lower NOx fuel emissions and provides a lower knocing potential
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biodiesel, Biji Nyamplung (Calophyllum Inophyllum L.), Combustion Process, Emisi, NOx, Diesel Engine, Renewable Fuel |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Hanifan Ardi Wibawa |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 09:16 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 09:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/57903 |
Actions (login required)
View Item |