Pengaruh Penambahan Katalis Rhodium (Rh) dalam Bahan Bakar Biodiesel dari Biji Karet Terhadap Performa dan Pembakaran Motor Diesel

Harianja, Benjamin Fernando UGT (2018) Pengaruh Penambahan Katalis Rhodium (Rh) dalam Bahan Bakar Biodiesel dari Biji Karet Terhadap Performa dan Pembakaran Motor Diesel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000049-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211440000049-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan eksperimen tentang penambahan katalis rhodium (rh) dalam bahan bakar biodiesel biji karet terhadap performa dan pembakaran motor diesel. Telah diteliti pada penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa bahan bakar biodiesel biji karet (B20) memiliki performa motor diesel yang menurun jika dibandingkan dengan performa motor diesel dengan menggunakan bahan bakar HSD, dan telah diteliti juga sebelumnya tentang penambahan katalis rhodium (rh) pada saat proses pembakaran terhadap motor diesel berbahan bakar HSD yang dapat meningkatkan performa sebuah motor diesel. Pada penelitian ini telah dilakukan sebuah pencampuran katalis rhodium kedalam bahan bakar B20 dengan metode homogen, sehingga didapatkan variable bahan bakar B20 Rh. Hasil pembahasan dari penelitian eksperimen ini menyatakan bahwa performa dari motor diesel berbahan bakar B20 Rh, meningkat dibandingkan dengan bahan bakar HSD yang dilihat dari segi daya, effisiensi thermal dan sfoc yang lebih irit. Untuk dari hasil proses pembakaran motor diesel dilihat dari 3 variabel bahan bakar yakni B20, B20 Rh dan HSD, trendline dari max pressure tidak terlalu jauh berbeda. Untuk rate of heat release bahan bakar HSD dibawah, untuk ignition delay bahan bakar HSD yang paling pendek waktunya dan untuk knocking bahan bakar HSD yang paling kecil nilainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Minyak Biji Karet, Rhodium, Performa Motor, Proses Pembakaran
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TP Chemical technology > TP339 Ethanol as fuel. Biomass energy.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Benjamin Fernando UGT Harianja
Date Deposited: 19 Jun 2021 12:12
Last Modified: 19 Jun 2021 12:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57951

Actions (login required)

View Item View Item