Putra, Gusma Hamdana (2018) Analisis Pengaruh Rasio Kompresi pada Mesin Diesel Satu Silinder dengan Sistem Diesel Methanol Duel Fuel (DMDF). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4216201007-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Problema sumber bahan bakar dari fosil yang semakin menipis mendorong para peneliti untuk mengembangkan bahan bakar terbarukan. Metanol merupakan salah satu bahan bakar dengan karakteristik rendah emisi. Hal ini ditunjukkan pada penerapan bahan bakar metanol dengan metode dual fuel baik transportasi darat maupun transportasi laut. Dengan menggunakan perbandingan energi antara kedua bahan bakar, metanol diinjeksikan melalui inlet port. Namun, terdapat kekurangan dari sistem ini. Hal ini dikarenakan metanol memiliki tingkat evaporasi panas (Heat Evaporation) tinggi, sehingga membutuhkan perlakuan lain untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. Salah satu inovasi yang telah diteliti terkait peningkatan efisiensi pembakaran yaitu high pressure injection. HPI adalah sistem injeksi bahan bakar yang diinjeksikan langsung ke ruang bakar. Dengan meningkatkan tekanan serta temperatur bahan bakar dalam ruang bakar, energi dan pembakaran yang dihasilkan semakin optimal. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh variasi rasio kompresi pada performansi mesin diesel satu silinder. Bahan bakar metanol diinjeksikan langsung ke ruang bakar bersamaan dengan bahan bakar diesel yang diinjeksikan sebagai pilot. Perbandingan kedua bahan bakar (Methanol Subtitution Ratio) juga divariasikan dalam bentuk energi. Dengan variasi rasio kompresi, mesin menunjukkan perubahan pada performansi. Rasio kompresi yang semakin tinggi mampu menghasilkan torsi, BMEP dan daya yang lebih tinggi serta SFC yang lebih rendah, begitu juga sebaliknya dengan selisih mencapai 2% s/d 4%. Kemudian, meningkatnya rasio metanol yang diinjeksikan akan menghasilkan performansi yang optimal dengan syarat rasio kompresi mesin ditingkatkan. Dengan syarat tersebut perubahan performansi yang dicapai mencapai 2%. Sehingga dengan memanfaatkan sistem injeksi yang secara langsung menuju ruang bakar serta rasio kompresi maka akan menghasilkan performansi mesin yang lebih optimal.
==========================================================================The problems of fossil fuel source are increasingly thinning encouraging researchers to develop a renewable fuels. Methanol is one of the fuel with low
emission characteristics. This is indicated by the application of methanol fuel with dual fuel method both land transportation and sea transportation. By using the
energy ratio between the two fuels, methanol is injected through the inlet port. However, this system has a weaknesses due to methanol has high evaporation rate that it requires other treatments to improve the combustion efficiency. One of the innovations that have been studied to improve the combustion efficiency is high pressure injection. HPI is a fuel injection system that is injected directly into combustion chamber. By increasing the pressure and the ratio of fuel, the energy and combustion produced can reach optimum. This study discusses the influence of variation of compression ratio on the performance of single cylinder diesel engine.
Methanol fuel is injected directly into the combustion chamber along with the diesel fuel injected as a pilot. The ratio of the two fuels (Methanol Subtitution Ratio) is also varied in the form of energy. With the variations of compression ratio, the performance engine is changing. Higher compression ratio is able to produce the higher torque, BMEP, power and lower SFC with 2% up to 4%. Then, increasing methanol ratio injected produce optimal performance with the higher compression ratio engine. This condition changes the performance up to 2%. So by utilizing the injection system that directly into the combustion chamber and increase the compression ratio will result in a more optimal engine performance.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metanol, sistem dual fuel, injeksi tekanan tinggi, satu silinder, rasio kompresi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Putra Gusma Hamdana |
Date Deposited: | 19 Jun 2021 15:19 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 15:19 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/58145 |
Actions (login required)
View Item |