Integrasi Penentuan Lokasi Gangguan dan Analisis Voltage Sag pada Sistem Distribusi Tenaga Listrik

Febrianto, Wildan Arif (2018) Integrasi Penentuan Lokasi Gangguan dan Analisis Voltage Sag pada Sistem Distribusi Tenaga Listrik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111550012010-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
07111550012010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gangguan pada sistem distribusi menyebabkan sistem proteksi mengalami trip dan mengganggu suplai energi listrik. Kondisi cuaca buruk seperti petir, angin kencang, yang menyebabkan pohon menyentuh kawat jaringan, penuaan dan pemeliharaan yang tidak memadai dari komponen jaringan adalah penyebab utama terjadinya gangguan. Gangguan yang muncul menyebabkan permasalahan kualitas daya atau Power Quality (PQ) di dalam penyaluran energi listrik dan juga voltage sag. Assesment PQ menjadi hal penting untuk utility dan penyedia energi listrik untuk mengidentifikasi area kritis dan melakukan tindakan untuk memperbaiki kondisi PQ. Penentuan lokasi gangguan (Fault Location) mempunyai peranan penting untuk rencana operasi dari sistem distribusi listrik untuk menurunkan waktu downtime, dan meningkatkan kehandalan sistem. Pemodelan jaringan dan simulasi gangguan dilakukan untuk mendapatkan informasi voltage sag dan arus kemudian dicocokan dengan voltage sag dan arus pada titik pengukuran. Voltage sagdan arus yang telah disimulasikan digunakan untuk menentukan jarak gangguan yang terjadi dan voltage sag dikelompokkan dengan metode K-Means clustering.
========================================================================Fault in the power distribution system causes protection system tripped and the electrical supply disturbed. The electrical fault occurred by lightning, strong wind,wood cutting, then the aging and an inadequate network component maintenance. It certainly leads to the poor power quality and voltage sag as well. An assessment power quality is an essential thing for utility and the energy supplier to identify and fix a critical area up. The fault location program has an important role in short-term planning operation of electric distribution network to reduce downtime and improve system reliability. A network modelling and faults simulation has been done to obtain voltage sag and current information. Then, the voltage sag at measurement point will be purposed to identify and classify a fault by using K-Means Clustering.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 621.319 Feb i
Uncontrolled Keywords: Voltage sag, Fault Location, K-Means Clustering
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2851 Voltage regulators.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3030 Electric power distribution systems
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Wildan Arif Febrianto
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:17
Last Modified: 26 Nov 2020 07:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58947

Actions (login required)

View Item View Item