Savitri, Amalia Dyah (2018) Perancangan Kampanye Keselamatan Berkendara Untuk Pengendara Sepeda Motor Usia 18 – 30 Tahun Di Surabaya Sebagai Usaha Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Keselamatan Berkendara Dan Meminimalisir Angka Pelanggaran Lalu Lintas Dan Kecelakaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3413100186-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (11MB) | Preview |
Abstract
Jumlah kendaraan bermotor di Surabaya telah mencapai angka 8,7 juta pada tahun 2017, angka ini merupakan angka jumlah kendaraan bermotor terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua yang terus meningkat setiap tahunnya. Fakta ini berbanding lurus dengan jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Pelanggaran seperti tidak menggunakan helm, melanggar marka dan rambu lalu lintas, menerobos lampu merah menjadi pelanggaran yang paling beresiko menyebabkan kecelakaan yang berakibat fatal. Namun, masyarakat Surabaya hingga kini belum memiliki tingkat kesadaran yang tinggi akan keselamatan berkendara, masyarakat Surabaya masih berada pada tahap ketaatan karena takut diberi sanksi bukan karena sadar akan kepentingan keselamatan diri.
Metode riset yang digunakan adalah kuantitatif yakni mengkaji data dari stakeholder mengenai jumlah pelanggaran lalu lintas beberapa tahun terakhir, menyebarkan kuisioner mengenai perilaku target audiens. Metode kualitatif yakni mewawancara stakeholder mengenai topik yang diusung dan melakukan observasi lapangan untuk melihat perilaku pelanggar. Serta mengkaji jurnal dan buku mengenai topik yang terkait dengan judul perancangan. Hasil dari penelitian tersebut dianalisis kembali lalu dikomparasikan dengan komparator dan kompetitor.
Kemudian seluruh hasil analisa tersebut digunakan dalam merancang kampanye patuh peraturan lalu lintas dengan konsep “Pilih Selamat”. Konsep ini dieksekusi dengan gaya komunikasi humor. Selain menggunakan gaya humor, kampanye ini spesifik menggunakan kombinasi bahasa Indonesia dan bahasa Jawa dialek Surabaya dengan menggunakan komunikator bernama Cak Selamet. Kampanye ini merupakan kampanye yang terintegrasi menggunakan media sosial yakni instagram, facebook, line, youtube instream bioskop dan ambient. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menurunkan angka pelanggaran lalu lintas di Surabaya.
==================================================================================================================The number of motor vehicles in Surabaya has reached 8.7 million in 2017, this figure is the number of the second largest motor vehicle in Indonesia after Jakarta. This amount is dominated by two-wheeled vehicles that continue to increase every year. This fact is directly proportional to the number of traffic violations that occurred. Violations such as not using a helmet, breaking markers and traffic signs, breaking through a red light becomes the most risky offense resulting in a fatal accident. However, the people of Surabaya until now do not have a high level of awareness of safety driving, the people of Surabaya is still in the stage of obedience for fear of being sanctioned not conscious of the interests of self-protection.
The research method used is quantitative, reviewing data from stakeholders on the number of traffic violations in recent years, distributing questionnaires about the behavior of the target audience. Qualitative methods of interviewing stakeholders on the topic carried and doing field observations to see the behavior of offenders. As well as reviewing journals and books on topics related to the design title. The results of the study were re-analyzed and then compared with the comparator and competitors.
Then all the results of the analysis are used in designing traffic regulatory compliance campaigns with the concept of "Choose Congratulations". This concept is executed with a style of humor communication. In addition to using a humor style, this campaign is specifically using a combination of Indonesian and Javanese dialect of Surabaya by using a communicator named Cak Selamet. This campaign is an integrated campaign using social media, cinema, and ambient. This campaign is expected to increase public awareness and reduce the number of traffic violations in Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDP 741.67 Sav p |
Uncontrolled Keywords: | kampanye, lalu lintas, pilih selamat, Cak Selamet, Surabaya |
Subjects: | K Law > K Law (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Amalia Dyah Savitri |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 02:55 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 03:03 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59243 |
Actions (login required)
View Item |