Studi Teknis Ekonomis Horizontal Directional Drilling (HDD)

Munari, M (1997) Studi Teknis Ekonomis Horizontal Directional Drilling (HDD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4388100004-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4388100004-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Salah satu kendala dalam perancangan instalasi perpipaan adalah adanya kondis lingkzmgan yang tidak memungkinkan dibangunnya insta/asi perpipaan secara konvensiona seperti metoda pembenaman pipa, metoda jembatan pipa atau lainnya. Untuk memecahka masalah terse but, maka salah satunya adalah dengwt memperkenalkan suatu metoda yang relatif masih baru, yaitu metoda Horizontal Directional Drilling.
Sebelum membuat keputusan untuk menerapkaJ1 metoda Horizontal Directional Drillin pada suatu jalur perpipaan, perlu kiranya diadakan studi mengenai segi teknis ekonomisnya.
Dalam tinjauan teknisnya, yang menjadi titik pokoknya ada/ah bentuk lintasan yang akan dipilih sesuai diameter, panjang dan diameter pipa serta pembebanan yang akan diterima oleh pipa itu sendiri. Kemudian untuk menentukan tinjauan ekonomisnya dilihat dengan besamya biaya investasi yang dibutuhkan beserta biaya-biaya lainnya dan prakiraan keunhmgan yang akan didapatkannya berdasarkan laju alir gas yang me/alui pipa itu sendiri, sehingga pada akhirnya dapat ditentukan, apakah instalasi dengan metoda ini layak atau tidak rmtuk di lanju tkan.
Dari hasi/ perhitungan serta pembandingan dengan illSta/asi yang serupa, ternyata secara telmis pada diameter pipa 16 inci, sudut masukan yang sama sebesar 12 ° dan sudut keluaran yang sama sebesar 8 o akan memi/iki bentuk lintasan Build Up Section Assembly (BUSA) dan Drop Off Section Assembly (DO SA) yang sama. Sehingga besamya pembebanan pada daerah tersebut akan sama harganya, dan perbedaan besarnya pembebanmmya_ terletak pada pembebanan di daerah TSA-1, HAS dan TSA-2, akibat panjangnya yang berbeda. Secara tek11is memenuhi, walaupun secara ekonomis proyek ini belum /ayak untuk dilanjutkan, karena memiliki IRR maksimal 12.14% yang berarti /ebih kecil daripada suku bunga komersial yang berlaku sebesar 18%, serta masa pengemba/ian modal yang cukup lama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 622.338 1 Mun s
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN871.3 Offshore well drilling
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:29
Last Modified: 24 Aug 2018 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59475

Actions (login required)

View Item View Item