Studi Perbandingan Karakteristik Pencegahan Korosi Pipa Menggunakan Methode Sacrificial Anode Dan Methode Impressed Current Di PT. Emomi Paiton Probolinggo

Zakaria, Moh. Efendi (2004) Studi Perbandingan Karakteristik Pencegahan Korosi Pipa Menggunakan Methode Sacrificial Anode Dan Methode Impressed Current Di PT. Emomi Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4200109609-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4200109609-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Secara umum korosi diartikan sebagai suatu proses kerusakan atau keausan material akibat terjadi reaksi dengan lingkungan. Dalam sebuah sistem perpipaan koros1 mempakan suatu masalah yang t1dak kec11, karena dapat menumnkan produktivitas. Salah satu perlindungan pipa dari korosi adalah dengan cara proteksi katodik. Dalam hal ini proteksi katodik dibedakan menjadi dua yaitu metoda SACP (Sacr(ficial Anodes Cathodic Protection) atau anoda tumbal dan metoda ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) atau ams terpasang.
Beberapa hal yang dikerjakan dalam tugas akhir ini antara lain adalah rnelakukan penghitungan zinc anode, magnesium,high cilicon, yang dibutuhkan, penghitungan biaya yang dibutuhkan untuk penggunaan sistern anoda turnbal maupun sistem ICCP, ini dilakukan untuk mengetahui sisi teknis dan ekonomis dari metode tersebut.
Sebagai langkah akhir dari tugas akhir ini adalah mencari metoda cathodic protection paling ekonornis yang dapat die,'l.makan dalarn perlindungan korosi pipa di PT. EMOMl Paiton Probolinggo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.112 23 Zak s
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.5 Petroleum pipelines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:00
Last Modified: 27 Aug 2018 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59482

Actions (login required)

View Item View Item