Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengendalian Posisi Benda Terhadap Arah Gravitasi Bumi Dengan Fuzzy Logic Controller NLX 220

Sugiarto, Kusnadi (1999) Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengendalian Posisi Benda Terhadap Arah Gravitasi Bumi Dengan Fuzzy Logic Controller NLX 220. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2296100532-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2296100532-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suatu benda apabila ditempatkan di atas suatu tempat dimana tempat tersebut pada suatu posisi tertentu maka benda tersebut akan miring mengikuti arab posisi tempat benda tersebut. Dalam hal ini tidaklah menguntungkan benda tersebut karena dapat mengakibatkan benda jatuh dari tempatnya.
Pada tugas akhir ini akan dirancang suatu sistem pengendalian posisi benda terhadap arab gravitasi bumi, dimana posisi benda akan selalu tegak lurus terhadap gravitasi bumi walaupun posisi tempat tersebut berubahubah kemiringannya.
Fuzzy logic kontroller diterapkan dalam rancangan ini untuk mengendalikan posisi mekanik. Jadi dasarnya gerakan mekanis di deteksi oleh bandul yang kemudian diklasifikasikan oleh kontroller fuzzy logic. Dalam klasifikasinya setelah berapa derajat kemiringan bidang dianggap telah miring. Kemudian mekanis akan bergerak melawan gerak kemiringan bidang agar posisi bidang tetap tegak lurus dengan gravitasi. Gerakan mekanis terdiri dari 2 bagian yaitu gerakan mengitari sumbu X dan gerakan mengitari sumbu Y. Untuk gerakan mengitari sumbu X terbagi dalam 3 kecepatan, sedangkan untuk gerakan mengitari sumbu Y hanya 1 kecepatan karena harus menahan beban mekanis yang mengitari sumbu X

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.89 Sug p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:05
Last Modified: 29 Aug 2018 04:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59516

Actions (login required)

View Item View Item