Maryam, Rizkia Amaliyah (2015) Evaluasi Produktivitas Dan Perubahaan Sarana Dan Prasarana Di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Menggunakan Webgis. Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3510100033-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu
pelabuhan pintu gerbang di Indonesia, yang menjadi pusat
kolektor dan distributor barang ke Kawasan Timur Indonesia,
khususnya untuk Propinsi Jawa Timur. Karena letaknya yang
strategis dan didukung oleh daerah hinterland Jawa Timur yang
potensial maka Pelabuhan Tanjung Perak juga merupakan pusat
pelayaran interinsulair Kawasan Timur Indonesia .
Pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan sistem
informasi geografis berbasis Web mengenai sarana dan
prasarana Pelabuhan Tanjung Perak dengan menggunakan Citra
Resolusi Tinggi Worldview-2, Peta Kawasan Pelabuhan Tanjung
Perak 2012 dan basis data Sarana dan Prasarana Pelabuhan
meliputi Terminal Penumpang Darat, Terminal Penumpang Laut,
Gudang, Lapangan Penumpukan, Pasar, Perkantoran, Lapangan
Parkir. Sedangkan evluasi produktivitas sarana dan prasarana
yang digunakan adalah Gudang, Lapangan Penumpukan, dan
Terminal Penumpang yang meliputi area Terminal Jamrud,
Mirah, Berlian dan Kalimas.
Hasil penelitian ini menunjukkan perbandingan
perubahansarana dan prasarana di Kawasan Pelabuhan Tanjung
Perak mengalami perubahan yang signifikan pada area gudang,
lapangan penumpukan, dan terminal penumpang tahun 2012-
2013. Dimana terdapat penambahan luasan gudang sebesar
67,610 %, Kemudian terdapat penambahan pada lapangan
vi
penumpukan sebesar 80,075%. Dan pada terminal penumpang
terdapat penambahan sebesar 24,637% dan pengurangan
sebesar 35,795%.Kemudian untuk perbandingan arus
perubahansarana dan prasarana pelabuhan terjadi peningkatan
pada arus curah kering sebesar 20,789%. Sedangkan pada
lapangan penumpukan terlihat penurunan kuota lapangan
penumpukan pada arus luar negeri sebesar 62,092%. Dan pada
terminal penumpang terjadi penurunan embarkasi sebesar
22,388%.
=================================================================================================
Port of Tanjung Perak is one of the port gates in
Indonesia, which is became the center of the collector and
distributor of goods to eastern Indonesia , particularly for East
Java Province . Because of its strategic location and supported by
a potential hinterland area of East Java then Tanjung Perak Port
is also a center interinsulair shipping of eastern Indonesia .
This research will be conducted by building Web-based
geographic information system concerning infrastructure
Tanjung Perak port using High Resolution Imagery Worldview- 2
, Map of the Area Port of Tanjung Perak 2012 and
Infrastructures database including Passenger Terminal Port
Land, Sea Passenger Terminal, Warehouse, Field Stacking,
Market, Office, Parking Lot. While evaluation of productivity
infrastructure used is the Warehouse, Field Stacking, and
Terminal Passenger Terminal covers an area of Jamrud, Mirah,
Berlian and Kalimas.
The results of this study show a comparison development
of infrastructure functions in the area of Tanjung Perak Port
undergone significant changes in the area of the warehouse ,
yard , and a passenger terminal 2012-2013 . Where there is the
addition of a warehouse area on 67,610%. And for the
passenger terminal there is the addition around 24,637% and a
reduction around 35,795%. Then in the yard is seen a decline in
the current quota yard abroad amounted to 62,092 %. And the
passenger terminal reduce around 22,388 % embarkation
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RSG 025.069 1 Mar e |
Uncontrolled Keywords: | Pelabuhan, Hinterland, Interinsulair, Sarana dan Prasarana, SIG, Web, Produktivitas, Perubahan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems. T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development. |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 03:39 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 03:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59612 |
Actions (login required)
View Item |