Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Kamus Bahasa Arab Indonesia

Hidayat, Herlambang Wahyu (2000) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Kamus Bahasa Arab Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2694100053-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2694100053-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari suatu bahasa, diperlukan adanya suatu kamus lengkap. Yang bisa mengartikan semua jenis kata, baik kata asli maupun kata turunan dari kata asli. Dalam Bahasa Arab, satu bentuk kata asli bisa diturunkan menjadi lebih dari seratus kata, sehingga untuk menyimpan keseluruhan katakata turunan ke dalam basis data sangat sulit untuk dilakukan, karena akan memerlukan basis data yang besar, yang pada gilirannya akan menyebabkan
lambatnya proses pelacakan kata. Selain itu, oleh karena urutan kata dalam kamus Bahasa yang ada selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad dari bentuk dasarnya, maka untuk mengetahui arti kata yang diinginkan harus terlebih dahulu mencari bentuk dasar dari kata tersebut. Dalam Tugas Akhir ini, dibuat suatu perangkat lunak Kamus Bahasa Arab yang mempunyai kemampuan untuk memberikan makna suatu kata turunan berdasarkan bentuk dasarnya. Untuk tujuan ini, maka basis data yang digunakan hanyalah berupa bentuk dasarnya saja. Proses pencarian bentuk dasar dilakukan dengan menggunakan sistem berbasis pengetahuan, dengan cara mencocokkan kata masukan dengan aturan-aturan yang ada pada basis pengetahuan. Setelah bentuk dasar ditemukan barulah kemudian kata tersebut dicari dalam basis data, kemudian selanjutnya makna kata tersebut ditampilkan sesuai dengan makna dari bentuk dasar dan makna dari bentuk turunan katanya. Dengan adanya perangkat lunak Kamus Bahasa Arab Indonesia ini akan lebih memudahkan pencarian suatu makna kata dalam Bahasa Arab. Kemungkinan pengembangan dari perangkat lunak ini adalah dengan menambahkan proses untuk mengecek grammar suatu kalimat, sehingga bisa menjadi program pente~emah dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Hid p
Uncontrolled Keywords: Perangkat lunak, Software, Kamus hasa arab.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:27
Last Modified: 12 Nov 2018 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59734

Actions (login required)

View Item View Item