Studi Tentang Matching Slow Speed Diesel Engine- Fixed Pitch Propeller Pada Kapal Caraka Java Niaga 111-24

Widodo, Sukari (1996) Studi Tentang Matching Slow Speed Diesel Engine- Fixed Pitch Propeller Pada Kapal Caraka Java Niaga 111-24. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4914200274-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4914200274-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini membahas matching antara slow speed diesel engine dengan
Fixed Pitch Propeller pada Kapal Caraka Jaya Niaga III-24.Tentang Kapal Caraka
Jaya Niaga III-24 merupakan kapal bertipe semi container dengan bobot mati 3500
DWT. Kapal ini menggunakan mesin diesel putaran rendah dan propellemya
bertipe Fixed Pitch Propeller dengan diameter 3000 mm.
Bahasan ini bertujuan untuk membuktikan apakah daerah operasi antara
motor dan propeller sudah tepat sehingga didapat suatu titik operasi antara
keduanya yang dapat menghasilkan optimalisasi konsumsi bahan bakar yang
terbaik.
Pembahasan dimulai dari perhitungan untuk mendapatkan diagram
propeller open water diagram dan perhitungan besamya tahanan total Kapal
Caraka Jaya Niaga 111-24 dengan uji tarik model di Laboratorium Hidrodinarnika
FTK-ITS dan mengimplementasikannya kedalam persamaan thrust coejicient,
kemudian mengeplotkan kurva tersebut pada diagram propeller open water. Dari
pengeplotan ini didapat satu titik operasi dari propeller pada harga KT, Ko, dan J
tertentu. Besamya titik operasi Ko ini digunakan sebagai pedoman untuk
mendapatkan kurva daya propeller terhadap putaran propeller.
Pembahasan selanjutnya adalah mendapatkan kurva torsi-rpm atau dayarpm
dari mesin. Data-data untuk keperluan ini diambil dari mesin pada kapal yang
sedang beroperasi dengan route Surabaya - Ujung Pandang - Bali - Surabaya. Dari
data-data tersebut didapat kurva torsi-rpm atau daya-rpm pada harga konsumsi
bahan bakar tertentu.
Dari kedua kurva daya-rpm propeller dan daya-rpm mesm. dengan
mengeplotkannya pada satu kurva akhimya didapat satu titik perpotongan yang
merupakan daerah operasi dari mesin dan propeller

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.872.36 Wid s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:19
Last Modified: 17 Oct 2018 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59838

Actions (login required)

View Item View Item