Tamam, Zuhri (2015) Karakterisasi Unjuk Kerja Mesin Diesel Generator Set Sistem Dual Fuel Solar Dan Syngas Batubara. Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2112204806-Master Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Sejalan dengan pengembangan syngas batubara sebagai bahan bakar alternatif pada
motor pembakaran dalam, maka dalam penelitian ini dilakukan aplikasi syngas
batubara pada mesin diesel dengan sistem dual fuel. Penelitian difokuskan untuk
mengkarakterisasi unjuk kerja dan mendapatkan substitusi syngas yang optimal.
Syngas berasal dari proses gasifikasi yang dilakukan pada Updraft Gasifier dengan
bahan yang berasal dari batubara. Karakterisasi unjuk kerja sistem dual fuel
dilakukan dengan pengujian mesin diesel pada putaran konstan 1500 rpm dengan
suplai udara menggunakan supercharger. Pembebanan dimulai dari 4 kW (25 %)
hingga 16 kW (100 %) dengan interval kenaikan beban 4 kW (25 %). Mekanisme
pemasukan syngas menggunakan pressure regulator dan mixer berbentuk venturi
yang di dalamnya dipasang mixing jet dan dipasang pada saluran intake manifold.
Jumlah syngas yang dimasukkan ke dalam ruang bakar melalui pengaturan tekanan
pada pressure regulator sebesar 0,5 bar hingga 2 bar dengan interval 0,5 bar.
Pengukuran dilakukan terhadap laju alir udara dan syngas, waktu konsumsi minyak
solar 25 ml, temperatur: mesin diesel, gas buang, oli pelumas, cairan pendingin,
arus dan tegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja mesin diesel
dengan sistem dual fuel solar dan syngas batubara tidak mengalami perubahan yang
signifikan pada besaran daya efektif, torsi, dan bmep serta terjadi penurunan
efisiensi termal sebesar 37,48 %. Akan tetapi sfc solar berkurang hingga 40,09 %
dan substitusi syngas batubara mencapai 55,59 %.
=====================================================================================================
Due to the development of coal syngas as an alternative fuel in internal combustion
engine, then in this research coal syngas is applicated in diesel engine with dual fuel
system. Research focuses on characterizing the performance and obtain the optimal
substitution of syngas. Syngas is produced from the coal gasification process in
Updraft Gasifier. Characterization of a dual fuel system performance testing is done
with a diesel engine at 1500 rpm constant speed with the air supplied from a
supercharger. The electrical loading started from 4 kW (25%) up to 16 kW (100%)
at intervals of 4 kW load increase (25%). Syngas inclusion mechanism using a
pressure regulator and a venturi-shaped mixer within the mixing jet and mounted
on the intake manifold channels. The amount of syngas which is inserted into the
combustion chamber on pressure setting from 0.5 bar up to 2 bar at intervals of 0.5
bar. Measurements are carried out on the air flow rate and syngas, a 25 ml of diesel
oil consumption, temperature: diesel engine, the exhaust gas, lubricating oil,
coolant, current and voltage. The results prove that the performance of the diesel
engine with dual fuel system using coal syngas does not show any significant
change in the effective power, torque, and bmep, also decreasing the thermal
efficiency of 37.48%. However sfc diesel oil was reduced by 40.09% and coal
syngas substitution reached 55.59%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTM 621.436 Tam k |
Uncontrolled Keywords: | Dual fuel; syngas batubara; unjuk kerja |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 06:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59864 |
Actions (login required)
View Item |