Analisis Pola Kecenderungan Tingkat Kepadatan Kendaraan Bermotor Di Kota Surabaya Tahun 2017

Firmansyah, Ilham (2018) Analisis Pola Kecenderungan Tingkat Kepadatan Kendaraan Bermotor Di Kota Surabaya Tahun 2017. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611500000112-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10611500000112-Non_Degree.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Surabaya sebagai salah satu kota terpadat ke-2 di Indonesia dengan tingkat kendaraan bermotor yang padat memiliki tingkat beragam kejadian yang berhubungan dengan angka kepadatan kendaraan yang bervariasi, dimana angka kepadatan kendaraan terjadi tidak hanya melibatkan kendaraan sepeda motor, namun juga mobil pribadi dan juga angkutan umum. Keberhasilan dalam mengurangi tingkat volume kepadatan kendaraan bermotor merupakan kewajiban bagi instansi terkait dalam memperbaiki fasilitas angkutan jalan raya atau angkutan umum agar dapat mengurangi tingkat kepadatan jalan. Oleh karena itu, Analisis Pola Kecenderungan digunakan untuk mengetahaui besaran tingkat kepadatan kendaraan bermotor di Kota Surabaya, jarak euclidean digunakan untuk mengukur seberapa jauh tingkat kepadatan volume kendaraan bermotor dan plot korespondensi untuk melihat pola kecenderungan tiap jenis kendaraan bermotor di Kota Surabaya. Berdasarkan analisis pola kecenderungan menunjukkan jenis kendaraan sepeda motor di Surabaya tahun 2017 cenderung di Jalan Indrapura, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Panglima Sudirman, hingga Jalan Kalirungkut sedangkan pada jenis kendaraan Angkutan Umum cenderung berada di Jalan Kedung Cowek dan Lakarsantri dan untuk jenis kendaraan truk cenderung berada di jalan Lakarsantri.
================================================================================================
Surabaya as one of the 2nd densest cities in Indonesia with a solid motor vehicle level has various rates of events related to varied vehicle density, where vehicle density figures occur not only involving motorcycle vehicles but also private cars as well as public transport . Success in reducing the volume level of motor vehicle density is an obligation for the relevant agencies in improving road transport facilities or public transport in order to reduce the level of road density. Therefore, Tendency Pattern Analysis is used to determine the degree of motor vehicle density in Surabaya City, euclidean distance is used to measure how far the density of motor vehicle volume and correspondence plot to see the trend pattern of each type of motor vehicle in Surabaya. Based on the trend pattern analysis, the type of motorcycle vehicle in Surabaya in 2017 tends to be on Jalan Indrapura, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Panglima Sudirman, up to Kalirungkut Street, while on Public Transport vehicles tend to be on Jalan Kedung Cowek and Lakarsantri and for truck type vehicles tend to be on Lakarsantri street.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSB 519.537 Fir a-1 2018
Uncontrolled Keywords: Correspondence Analysis, Roads, Type of Motor Vehicles
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Firmansyah Ilham
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:26
Last Modified: 19 Jul 2021 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60863

Actions (login required)

View Item View Item