Drajanta, Luthfi (2019) Sistem Pendeteksi Tingkat Kekasaran Permukaan Jalan menggunakan LIDAR dan Arduino Due. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
07111440000091 - UnderGraduate_Theses.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2022. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya peran jalan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat serta
menjadi akses penghubung bagi pembangunan daerah, mengakibatkan
pemerintah daerah harus lebih memperhatikan dan tanggap terhadap
kerusakan jalan. Pemantauan kerusakan jalan masih berdasarkan laporan
dari masyarakat. Sedangkan untuk pemeliharaan dibutuhkan waktu yang
lama dan kurang efisien untuk mendeteksi permukaan jalan yang akan
mengalami kerusakan . Light Detection and Ranging atau LIDAR
merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk memindai
suatu objek guna mengetahui tingkat kekasaran permukaan berdasarkan
pembacaan jarak. Metode tersebut juga dapat digunakan untuk
memvisualisasi permukaan tersebut dalam bentuk tiga dimensi. Adapun
dalam pemindaian, LIDAR yang menggunakan infrared ini mampu untuk
membaca jarak dari titik pusat LIDAR menuju objek. Dari hasil
pembacaan jarak tersebut, dapat diambil sebagai nilai z untuk mengetahui
kedalaman permukaan. Sedangkan untuk nilai x dan nilai y, dapat diambil
dari pembacaan pergerakan servo selama memindai. Pada pemindaian,
selain dengan metode LIDAR, deteksi tingkat kekasaran permukaan jalan
juga menggunakan standar deviasi untuk mengetahui sebaran data dalam
pemindaian. Apabila standar deviasi semakin besar maka semakin kasar
pula permukaan jalan yang dipindai. Alat dalam penelitian ini dipadukan
dengan Arduino Due, karena dalam pemrosesan, Arduino Due lebih
unggul dan lebih cepat dalam memproses data. Berdasarkan hasil dari
penelitian ini, bahwa permukaan jalan yang halus adalah permukaan
lantai. Sedangkan untuk permukaan jalan yang sedikit kasar yaitu
permukaan berumput, permukaan beraspal, permukaan jalan berlubang
dan permukaan jalan bergelombang. Untuk permukaan jalan yang sangat
kasar adalah permukaan jalan paving dan permukaan dengan buku. =============================================================================================================== The regional government having to pay more attention and be
responsive to road damage because the importance of the road for the
economic growth of the community as well as being to connect the access
for regional development. Road damage monitoring is still based on
reports from the public. As for maintenance, it takes a long time and lack
of efficiency to detect road surfaces that will be damaged. Light Detection
and Ranging or LIDAR is a method used in this study to scan an object to
determine the level of surface roughness based on distance reading. The
method can also be used to visualize the surface in three-dimensional
form. As for scanning, LIDAR that uses infrared is able to read the
distance from the LIDAR center point to the object. From the results of
the distance reading, it can be taken as a z value to determine the depth
of the surface. Whereas for the x value and y value, it can be taken from
the servo movement reading during the scan. In scanning, in addition to
the LIDAR method, detection of the level of road surface roughness also
uses a standard deviation to determine the distribution of data in the scan.
If the standard deviation increases, the rough surface of the road is
scanned. The tools in this study are combined with Arduino Due, because
in processing, Arduino Due is superior and faster in processing data.
Based on the results of this study, that the smooth road surface is the
surface of the floor. Whereas for road surfaces that are slightly rough,
namely grassy surfaces, paved surfaces, hollow road surfaces and bumpy
road surfaces. For very rough road surfaces, the road surface is paving
and surface with books.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSE 620.112 92 Dra s-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Arduino Due, Kekasaran Permukaan Jalan, LIDAR |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7871.674 Detectors. Sensors |
Divisions: | Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Luthfi Drajanta |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:54 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:54 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/60904 |
Actions (login required)
View Item |