Studi Sloshing Tangki LNG Dengan Metode Eksperimen Dan Computational Fluid Dynamics (CFD)

Pradana, Muhammad Arif (2019) Studi Sloshing Tangki LNG Dengan Metode Eksperimen Dan Computational Fluid Dynamics (CFD). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4116203202-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
4116203202-Master_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sloshing adalah gerakan bebas cairan cair dalam tangki. Masalah sloshing adalah fenomena penting dalam tangki muatan cair, karena dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dalam tangki. Makalah ini menjelaskan efek dari jumlah tekanan pada tangki kota dengan dan tanpa penambahan baffle ketika sloshing terjadi karena gerakan rolling yang terjadi pada tangki. Pemodelan tangki berbentuk tangki kotak dengan 3 variasi model non baffle, 1 baffle dan 2 baffle dengan filling level 15%, 30%, 90% dan disimulasikan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) software Ansys Fluent. Untuk proses validasi dilakukan dengan convergency, grid independence dan perbandingan hasil simulasi numerik dengan hasil pengujian tangki dengan metode RMSE yang nilainya sebesar 0.67-0.83. Hasil simulasi, bahwa tekanan hasil sloshing mengalami kenaikan sesuai dengan kenaikan variasi filling level, nilai tekanan terbesar terjadi pada penggunaan 2 baffle filling level 90% yaitu 1476.87 Pa. Penggunaan baffle berhasil berfungsi sebagai peredam tekanan ketika filling level 15% yaitu mencapai 37% dari nilai tekanan tangki non baffle, sedangkan pada filling level 30% dan filling level 90% tekanan mengalami kenaikan dikarenakan baffle tidak dapat berfungsi disebabkan munculnya gaya permukaan cairan sehingga menyebabkan gelombang yang lebih tinggi diatas baffle, dapat disimpulkan bahwa fungsi baffle lebih effisien ketika ketinggian baffle lebih tinggi dari filling level pada tangki.
================================================================================================
Sloshing is a free movement of liquid liquid in the tank. The problem of sloshing is an important phenomenon in the liquid cargo tank, because it can cause damage to the structure in the tank. This paper explains the effect of the amount of pressure on the city tank with and without the addition of baffle when sloshing occurs due to rolling movements that occur in the tank. Tank tank-shaped modeling with 3 variations of non-baffle, 1 baffle and 2 baffles with filling levels of 15%, 30%, 90% and simulated using the Computational Fluid Dynamic (CFD) Ansys Fluent. The process validation carried out by convergency, independence grid and comparison of numerical simulation results with the results of tank testing with RMSE method value is 0.67-0.83. The results, the sloshing pressure increases according to the increase in filling level variation, the greatest pressure value occurs in the use of 2 baffles filling level 90%, is 1476.87 Pa. The use of baffle works as a pressure reducer when filling level 15%, which reaches 37% of the value of non baffle tank pressure, while the filling level is 30% and 90% the pressure increases because the baffle cannot function due to the emergence of the surface force higher than the baffle, it can be concluded that the baffle function is more efficient when the baffle height is higher than the filling level in the tank.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 620.106 4 Pra s-1 2019
Uncontrolled Keywords: Sloshing, Baffle, CFD Ansys Fluent, Filling Level
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA357 Computational fluid dynamics. Fluid Mechanics
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: MUHAMMAD ARIF PRADANA
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:48
Last Modified: 26 Jul 2021 02:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61095

Actions (login required)

View Item View Item