Implementasi Formulasi Strategi Perusahaan pada Industri Manufaktur Parket Kayu dalam Pengembangan Pasar Lokal

Bagaskoro, Aditya Dito (2019) Implementasi Formulasi Strategi Perusahaan pada Industri Manufaktur Parket Kayu dalam Pengembangan Pasar Lokal. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650014022-Master_Thesis.pdf] Text
09211650014022-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia telah menjadi salah satu negara pengekspor produk parket kayu terbesar di dunia. Nilai yang besar ini ditunjang oleh peningkatan ekonomi sehingga terjadi perubahan gaya hidup dan peningkatan daya beli oleh konsumen, khususnya di daerah Jawa Timur, Indonesia. Namun, di lain sisi, krisis ekonomi global yang baru saja terjadi menyebabkan penurunan potensi pasar ekspor. Oleh sebab itu. industri manufaktur parket kayu mulai merambah pasar lokal dan berkembang pesat mengikuti perkembangan perumahan, apartemen, resor, hotel, dan perkantoran di Indonesia. Salah satu industri manufaktur parket kayu yang mengembangkan pasar lokalnya adalah perusahaan “S” yang berlokasi di Jawa Timur. Pada penelitian ini, formulasi strategi bisnis untuk pengembangan pasar lokal pada perusahaan “S” digunakan sebagai studi kasus. Formulasi strategi bisnis dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan market share di pasar lokal, khususnya Jawa Timur. Secara lebih detail, penelitian ini mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam proses formulasi strategi perusahaan yang cocok bagi perusahaan “S” dalam upayanya bersaing di pasar lokal Jawa Timur. Model David digunakan pada penelitian ini dengan cara mengolah data primer dan sekunder agar diperoleh strategi yang terbaik bagi pemasaran parket kayu di pasar lokal. Berdasarkan model David diperoleh nilai 2,63 untuk analisis faktor internal (IFE Matrix) dan 3,5 untuk analisis faktor eksternal (EFE Matrix). Selanjutnya, analisis akan dilakukan dengan menggunakan SWOT, IE, SPACE, dan GS Matrix untuk memperoleh beberapa alternative strategi. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan QSP Matrix maka diperoleh salah satu alternative strategi sebagai strategi terbaik. Strategi yang memiliki nilai Total Attractive Score (TAS) 6,56 akan terpilih digunakan untuk mengembangkan pasar lokal bagi perusahaan “S”. Berdasarkan hasil ini maka strategi yang terpilih untuk dilakukan adalah strategi penetrasi market.
================================================================================================
Indonesia is one of the biggest wood parquet exporters in the world. On the other hand, the global economic crisis leads to decreasing an export market potential. Align with the lifestyle and buying power in East Java, Indonesia, the economic development is improved as well. Hence, wood parquet manufacturing industry for the local sector increases rapidly as well as the construction project such as houses, apartment, resort, hotel, and office in Indonesia. However, "S" as a wood parquet manufacturing industry in East Java desire to develop the local market in Indonesia. Therefore, in order to response the problem, the business strategy formulation for wood parquet manufacturing industry is taken as the case study in this research. The business strategy formulation is necessary to be made to grab local market share, particularly in East Java. Additionally, This research identifies internal and external factor to formulate an appropriate corporate strategy for the corporation in order to cope with local market competition in East Java. The David Model is used as the method in this research by engaging primary and secondary data. This model attempted the best strategy to develop the local market of wood parquet. It holds 2.63 points for internal factor analysis (IFE Matrix) score and 3.5 points for external factor analysis (EFE Matrix) score. Later, SWOT, IE, SPACE, and GS Matrix are utilized as the next analysis step that results in some alternative strategies. Furthermore, the alternative strategies are selected by using QSP Matrix attempted to obtain the best strategy for corporates. Moreover, the strategy with the highest Total Attractive Score (TAS) of 6.56 points will be selected and utilized to develop the local market and became the market penetration for the company.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Bag i-1 2019
Uncontrolled Keywords: Internal and external factor, Strategy formulation, David Model, Market penetration.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD39.5 Industrial procurement.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Aditya Dito Bagaskoro
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:37
Last Modified: 30 Dec 2021 02:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61424

Actions (login required)

View Item View Item