Kajian eksperimental dan numerik hambatan kapal crew boat hard chine orela dengan variasi posisi foil belakang arah memanjang

Riyadi, Soegeng (2019) Kajian eksperimental dan numerik hambatan kapal crew boat hard chine orela dengan variasi posisi foil belakang arah memanjang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111650030005-Master_Thesis.pdf] Text
04111650030005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Crew boat merupakan moda transportasi sebagai keperluan mengantarkan dan menjemput pekerja di lepas pantai dengan schedule yang cukup tinggi dan teratur. Sehingga mempertimbangkan kecepatan, waktu tempuh, dan komsumsi bahan bakar. Crew boat Orela Shipyard tersebut dikategorikan sebagai kapal semi-planing yang menggunakan bentuk body hard chine. Aplikasi stern foil pada crew boat dapat meningkatkan performa kapal, mempunyai tujuan agar dengan NCR yang sama didapatkan pengurangan total resistance, sehingga kebutuhan bahan bakar (fuel compsumtion) lebih hemat. Foil yang akan digunakan untuk foil lift dipilih dari foil NACA 4412, NACA 64(1)212, dan NACA 23021. Foil untuk struts dipilih dari foil NACA 0010 dan 63012A. Metode untuk mendapatkan foil yang sesuai menggunakan CFD full viscous, parameter yang digunakan adalah FL/FD untuk foil lift dan drag coefisient paling rendah untuk foil struts. Foil yang digunakan adalah NACA 64(1)212 dengan nilai parameter FL/FD tertinggi 41.25 dan rasio 0.85 dengan angle of attack 2, sedangkan pada foil struts 0010 dengan nilai parameter drag coefisient 0.0075. Pada simulasi towing tank dilakukan variasi dari penempatan foil. Penempatan lift foil pada kondisi kedalaman 0.75T yang divariasikan kearah memanjang (i) tepat posisi leading edge dibelakang transom,(ii) posisi leading edge berjarak 2 chord, dan (iii) posisi leading edge berjarak 3 chord, yang nantinya dibandingkan dengan tanpa foil. Hasil experiment towing tank diverifikasi menggunakan CFD dengan analisa free surface multi phase. Pada stern foil dengan jarak leading edge sejauh 2 chord memberikan pengurangan total resistance terbesar, sesuai hasil tank test 11.14% pada Fr=0.74 dan dengan simulasi CFD sebesar 15.22% pada Fr=0.70. Effect aplikasi penempatan stern foil pada froude number rendah dan tinggi akan mempunyai pengaruh total resistance lebih besar, sehingga untuk pengurangan hanya pada range Froude number tertentu.
================================================================================================
Crew boat is crewing transportation for pickup and deliver to offshore rig. It has
tight and regularly schedul. It consider in speed, time delivery, and fuel comsuption.
Crew boat Orela Shipyard’s is semi-planing boat with body hard chine. Aplication
stern foil can upgrade ship performance in Normal Continues Rating (NCR) to
reduce total resistance. So fuel comsumption needed more effisient. To find out lift
foil verification from NACA 4412, NACA 64(1)212, and NACA 23021. Struts foil
is find out from NACA 0010 and NACA 63012A. Verification both of type foil used
CFD with full viscous analize, with FL/FD criteria for lift foil and drag coefisient
for struts foil. Finally NACA 64(1)212 with angle of attack 2 choose for lift foil
with highest value 41.25 and NACA 0010 for struts foil with drag coefisient value
0.0075. Position aplication stern lift foil with deep in 0.75T with variation of
horizontal (i) the leading edge precisely below the transom, (ii) the leading edge
one chord-length behind the transom and (iii) the leading edge two chord-lengths
behind the transom. To carrying total resistance find out with towing tank
experiment and verification with CFD simulation free surface multi fluid method.
Finally with smallest total resistance result in position of the foil placement with
the leading edge 2 chord lengths behind the transom. As record with towing tank
reduce value is 11.14% and with CFD is 15.22%. Effect of aplication stern foil in
low and high froude number has more high total resistance if compare with normal
condition, so they have reduce in range froude number spesified.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.817 1 Riy k-1 2019
Uncontrolled Keywords: Crew Boat, Hard Chine, Stern Foil, total resistance, towing tank, dan CFD (Computational fluid dynamic)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: soegeng riyadi
Date Deposited: 18 Nov 2021 05:46
Last Modified: 18 Nov 2021 05:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61585

Actions (login required)

View Item View Item