Ridho, Achmad Zaki (2019) Perencanaan Jalan Menggunakan Perkerasan Kaku Tipe Beton Semen Bersambung Tanpa Tulangan Pada Ruas Jalan Trenggalek - Pacitan Km 186+940 – Km 192+000 Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
10111410000030-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2022. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Trenggalek adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah selatan Jawa Timur yang berbatasan dengan pantai. Karena lokasinya yang berbatasan dengan garis pantai, menjadikan kabupaten ini memiliki berbagai objek wisata yang cukup bisa menunjang peningkatan perekonomian pada daerah tesebut. Akan tetapi sarana dan prasarana seperti akses jalan pada daerah tersebut masih kurang memadai, sehingga objek – objek wisata masih belum bisa dioptimalkan. Untuk itu, jalan yang menghubungkan kota – kota wilayah selatan tersebut perlu ditingkatkan. Salah satunya yaitu jalan yang menghubungkan kota Trenggalek dan Pacitan. Pada proyek akhir ini penulis merencanakan peningkatan pada jalan ini menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) tipe Beton semen Bersambung Tanpa Tulangan (BBTT) dengan umur rencana 40 tahun.
Pada perencanaan proyek jalan ini metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini antara lain analisa kapasitas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Kontrol geometrik jalan menggunakan Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/T/BM/1997 Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Perhitungan tebal perkerasan jalan menggunakan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). Perencanaan drainase menggunakan Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994. Dan rencana anggaran biaya menggunakan buku petunjuk teknis Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Surabaya. Data penelitian yang digunakan mencakup data primer dan data sekunder dari proyek peningkatan jalan (Ruas Jalan Trenggalek – Pacitan).
Dari hasil analisa geometrik yang dilakukan, hasilnya sesuai dengan data yang diperoleh. Perencanaan perkerasan kaku tipe Beton semen Bersambung Tanpa Tulangan pada ruas jalan Trenggalek – Pacitan dengan mutu beton K-350, didapatkan tebal perkerasan kaku 27 cm dengan Lean Concrete (LC) setebal 125 mm. Sambungan yang digunakan berupa sambungan melintang (Dowel) berdiameter 32 mm dan panjang 45 cm, dipasang tiap jarak 30 cm, dan juga sambungan memanjang (Tie Bar) berdiameter 19 mm dan panjang 78 cm, dipasang tiap jarak 50 cm. Perencanaan saluran tepi drainase berupa saluran berbentuk trapesium dengan 3 tipe ukuran. Tipe 1 dengan dimensi b=1 m, d=1,8 m, w=0,8 m. Tipe 2 dengan dimensi b=0.3 m, d=0,8 m, w=0,5 m. Tipe 3 dengan dimensi b=0.5 m, d=1 m, w=0,5 m.
================================================================================================
Trenggalek is one of the districts located in the southern region of East Java which bordered by coastal. Because its location adjacent to the coastline, making this district has a variety of tourist objects that can adequately support financial improvements in these areas. However, facilities and infrastructure such as road access in this area are still inadequate, so that tourism objects still cannot be optimized. For this reason, roads that connect the southern cities need to be improved. One of them is the road that connects the cities of Trenggalek and Pacitan. In this final project, the author fixes on this road using rigid pavement (BBTT) type concrete cement with a planned life of 40 years.
In this project, the methods that used in this road planning include road capacity analysis using Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Geometric control of the road using Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/T/BM/1997 Department of Work the Directorate General of Highways. Pavement consolidation using Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (P-14-2003). Drainage planning using Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994. And the budget plan using Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK). The research data using primary and secondary data from road improvement projects (Trenggalek - Pacitan Road Section).
The results of the geometric analysis performed, it was obtained in accordance with the data obtained. The planning of rigid pavement type concrete cement continued with unreinforced on the Trenggalek - Pacitan road with concrete quality K-350, obtained 27 cm rigid pavement thickness with 125 mm Lean Concrete (LC). Connections used consist of transverse joints (Dowel) with a diameter of 32 mm and a length of 45 cm, installed every distance of 30 cm, and also a longitudinal connection (Tie Bar) with a diameter of 19 mm and a length of 78 cm, installed every distance of 50 cm. The planning of drainage edge channels to form trapezoinal canals with 3 sizes. Type 1 with dimensions b = 1 m, d = 1.8 m, w = 0.8 m. Type 2 with dimensions b = 0.3 m, d = 0.8 m, w = 0.5 m. Type 3 with dimensions b = 0.5 m, d = 1 m, w = 0.5 m.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSIS 625.7 Rid p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Trenggalek, Geometric, Rigid Pavement, Drainage |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | Achmad Zaki Ridho |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 04:10 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 04:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/61870 |
Actions (login required)
View Item |